Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin. Foto: ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan Kepala Kejati Kepri Sudarwidadi, Komandan Korem 033/WP Brigjen TNI Harnoto dan Danlantaml IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI Indarto Budiarto, di Tanjungpinang, Selasa (29/9).

Pertemuan dalam rangka silaturahmi itu, diawali Bahtiar dengan perkenalan dirinya yang akan bertugas mengawal Kepri sebagai Pjs Gubernur sampai Bulan Desember mendatang.

“Kedatangan saya ingin mengenalkan diri, selama dua bulan kedepan ditugaskan di Kepri untuk itu saya mohon arahan, bantuan dan dukungannya,” kata Bahtiar.

Lebih rinci tujuan pertemuan ini lanjut Bahtiar adalah untuk membahas lebih lanjut terkait penerapan disiplin protokol kesehatan, apalagi agenda besar tengah menanti Kepri yakni kontestasi pelaksanaan Pilkada.

“Kita ingin mensukseskan Pilkada tanpa menyebabkan tumbuhnya klaster baru, penegakan hukum protokol kesehatan menjadi hal yang penting untuk mewujudkan ini,” lanjutnya.

Apalagi Kejati, tambah Bahtiar, memiliki andil besar sebagai motor penegakan hukum protokol kesehatan tersebut. Begitupun dengan peran Korem 033/WP dan Lantamal IV yang juga tak kalah penting dan vital.

“Selain hukum-hukum rutin yang dijalankan, hukum protokol kesehatan menjadi tugas utama disamping ada tidaknya Pilkada,” tambahnya.

Untuk itu, kebersamaan dan kerjasama semua pihak terkait menurut Bahtiar menjadi kunci utama suksesnya penerapan protokol kesehatan.

Selain itu, Komitmen semua stakeholder diharapkan Bahtiar dapat ditunjuKkan dengan keseriusan semua untuk memberikan sinyal yang kuat kepada masyarakat bahwa penerapan hukum protokol kesehatan benar-benar dijalankan.

“Semua harus menjadi satu rangkaian kerja dalam tiap rangkaian penerapan protokol kesehatan tersebut. Sehingga skema gas dan rem dalam konsep PC-PEN (Penanganan Covid-19-Pemulihan Ekonomi Nasional) harus dapat terlaksana dengan matang,” pungkasnya.

Sementara itu, Kajati Sudarwidadi menceritakan kembali bahwa sebelumnya Kejati ikut berpartisipasi dengan semua FKPD dalam rapat membahas protokol kesehatan.

“Pada dasarnya kami (Kejaksaan) mendukung penuh. Kami pada rapat sebelumnya juga ikut memberikan masukan terkait penerapan hukum terkait protokol kesehatan,” kata Kajati.

Untuk itu, koordinasi lanjut Kajati menjadi kunci utama untuk mensukseskan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan sehingga dalam menghadapi agenda besar (Pilkada) nanti tidak menimbulkan klaster baru.

Di tempat yang berbeda, Danrem Brigjen TNI Harnoto dan Danlantamal Laksmana Pertama TNI Indarto Budiarto beserta seluruh jajaran menyatakan dukungannya dalam penerapam protokol kesehatan di Kepri, terutama dakam menyongsong pelaksanaan Pilakda mendatang.

Sebelumnya, Senin (28/9) Bahtiar pun melakukan kunjungan silaturahmi ke Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman dan Kepala BIN Daerah Kepri Brigjen RC Gumay. Bahtiar pun bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak. Selain silaturahmi, juga membahas tentang penegakan tegas terharap protokol kesehatan dan kesuksesan pilkada sehat.(*/bl)