Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar (kanan) bersama Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah. Foto: ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar mendapat pesan khusus dalam menjalankan tugasnya di Kepri. Di antaranya menjaga kesuksesan pemilihan kepala daerah, serta penanganan Covid-19.

“Pak Pjs (Bahtiar) melaksanakan tugas karena masa cuti Gubernur Kepri. Mensukseskan penyelenggaraan pilkada, juga kesehatan masyarakat di tengah pandemi ini. Intinya pesan Mendagri para penjabat sementara harus menyukseskan pilkada sehat,” kata Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah, di Jakarta, Jumat (25/9).

Arif berada di Jakarta untuk menghadiri penyerahan Surat Keputusan Penunjukan Pjs Gubernur Kepri di Kemendagri. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar ditunjuk Mendagri Tito Karnavian menjadi Pjs Gubernur Kepri.

Pada kesempatan itu, Sekda hadir bersama Asisten Administasi Umum, Muhammad Hasbi.

Sabtu (26/9), Arif bersama Bahtiar kembali ke ibu kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Bahtiar akan disambut prosesi adat. Termasuk penyematan tanjak oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri. Sesampai di Tanjungpinang, berbagai agenda sudah menanti Pjs Gubernur.

Pjs gubernur dan walikota serta bupati ini bertugas selama petahana ikut kontestasi di Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Berikut nama para Pjs walikota dan bupati yang diumumkan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar, yakni;

1. Pjs Walikota Batam, Syamsul Bahrum
2. Pjs Bupati Bintan, Buralimar
3. Pjs Bupati Lingga, Jumadi Ersam
4. Pjs Bupati Karimun, Heri Andrianto
5. Pjs Bupati Anambas, Eko Sembaryadi

Disebutkan, para Pjs tersebut diangkat berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri yang ditetapkan pada tanggal 24 September 2020.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar dalam sambutannya menjelaskan kepada lima Pjs tersebut, harus kerja penuh waktu selama 71 hari lagi. Tugas yang terpenting adalah menyukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah masing-masing.

“Terpenting harus sukseskan Pilkada, tapi jangan lupakan pelayanan di masyarakat daerah masing masing,” pesan Bahtiar.(*/bl)