Pemusnahan sabu-sabu, ganja dan ekstasi di Satnarkoba Polresta Barelang, Mapolresta Barelang, Kamis (24/9). Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Satnarkoba Polresta Barelang memusnahkan sabu-sabu, ganja dan ekstasi di Mapolresta Barelang, Kamis (24/9). Barang bukti itu diamankan dari 15 tersangka.

Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur Yudi mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil tangkapan selama Juli hingga September 2020.

Penangkapan 15 tersangka ini adalah merupakan kerja keras dan keberhasilan gabungan TNI, Polri, BNN khususnya Satresnarkoba Polresta Barelang yang dilakukan sejak Juli sampai September 2020 dengan jumlah 9 kasus.

Tangkapan dari Lanal Batam sendiri yaitu sebanyak 38,5 kilogram sabu dan ekstasi. Total seluruh narkotika yang berhasil diamankan yaitu 56.869,92 gram sabu, 327 gram ganja, dan 39.549 butir ekstasi.

Yos Guntur mengapresiasi keberhasilan tangkapan narkotika yang bisa menyelamatkan ratusan ribu jiwa manusia. Narkotika itu dimusnahkan dengan cara diblender dan direndam dengan air panas.

Dengan penangkapan ini, negara telah menyelamatkan sebanyak 36 ribu jiwa pengguna dan secara ekonomis nilainya Rp 100 miliar. Ini merupakan keberhasilan bersama yang merupakan tanggung jawab kita semua, baik dari Kejaksaan, TNI-Polri, Granat Kepri, BNN, dan juga dari masyarakat.

15 tersangka itu dibekuk dari berbagai tempat yakni, berinisial DF dan RR di Nagoya Mansion Hotel, YI di perairan laut Batam, S dan JM di depan Hotel Tanjung Batu Karimun, DF Parkiran Kosan Kampung Bule, BS, S, YM, TS dan JM di perairan Pulau Terong Belakang Padang, ME di bawah jembatan Kampung Tua Patam Lestari, kemudian SB dan L di pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim.

Yos Guntur menghimbau kepada masyarakat Kota Batam, jika ada yang melihat atau mendengar informasi adanya peredaran narkotika, harap bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib.

“Ini masalah serius. Pemerintah sudah mendudukkan masalah narkoba musuh utama selain teroris. Kita dari aparat yang dipercaya oleh negara untuk mengatasi masalah ini siap memberantas,” pungkasnya.(bl)