Walikota Batam, Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pemerintah Kota (Pemko) Batam kembali memperpanjang sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hingga 1 Oktober mendatang. Hal ini dilakukan karena sebaran Covid-19 semakin meningkat dan Batam berada di zona merah.

“Melihat kondisi saat ini, makanya diperpanjang. Seharusnya sudah berakhir 17 September kemarin,” kata Rudi, Walikota Batam, Jumat (18/9).

Dikatakannya, pengaturan WFH ini diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing OPD. Kehadiran minimal 25 persen dari total pegawai yang ada.

Hingga saat ini, Pemko Batam masih berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19. Seperti diketahui ada beberapa klaster yang berkembang di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rudi mengimbau kepada masyarakat termasuk ASN untuk menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan di lingkungan rumah dan kerja. Saat ini kasus Covid-19 sudah mencapai 1.089 kasus.

Ia menambahkan, nantinya jika ada pegawai yang terpapar Covid-19, maka OPD akan ditutup selama 3 hari, dan dilakukan penyemprotan disinfektan, untuk memutus mata rantai penyebaran di lingkungan kerja pegawai.

Rudi juga mewanti-wanti ASN yang bekerja dari rumah ini benar-benar sesuai dengan aturan dan jangan abai dan lalai.

“Bekerja dari rumah bukan berarti pekerjaan tidak ada, jangan sampai terganggu terutama pelayanan,” pungkasnya.(bl)