BATAM (BATAMLAGI.COM) – Bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yang akan mengikuti kontestasi di Pilkada serentak 9 Desember 2020, direncanakan mendaftar di hari yang sama, Jumat (4/9).

Untuk melengkapi persyaratan, sejumlah calon sudah menyiapkan semua persyaratan, seperti dokumen serta menjalani swab test di rumah sakit yang ditunjuk KPU Kepri.

Soerya Respationo dan Iman Sutiawan, juga sudah mempersiapkan berkas-berkas untuk pendaftaran di KPU Kepri. Dan sudah melakukan swab test di RSBP, Rabu (2/9).

“Insya Allah, di hari Jumat penuh berkah kami mendaftar di KPU Kepri. Segala persyaratan sudah dilengkapi. Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Kepri,” kata Soerya di RSBP.

Pasangan dengan singkatan Sinergi Kepri ini diusung PDIP, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada kesempatan itu, Soerya mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergi dan disiplin dengan protokol kesehatan. Sehingga semua bisa berperan besar dalam memutuskan mata rantai sebaran Covid-19.

Sementara itu, untuk pasangan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina  deklarasi dan mendaftar di hari Jumat. Deklarasi akan digelar di Lapangan Pamedan Jalan Ahmad Yani Kota Tanjungpinang. Bapaslon ini diusung Partai Golkar, Nasdem, PPP dan PAN.

Ketua Tim Pemenangan Ansar-Marlin, Ade Angga dalam pers rilisnya, Rabu (2/9), mengatakan, persiapan deklarasi dan pendaftaran ke KPU sudah final berdasarkan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh partai koalisi pendukung dan pengusung pasangan Ansar – Marlin.

Deklarasi akan dilaksanakan dengan sederhana dan mengedepankan protokol kesehatan. Setelah deklarasi, usai shalat Jumat, Ansar Ahmad – Marlin (AMAN) dari Penyengat mendaftar ke KPU Kepri.

“Kemungkinan akan kita lakukan pendaftaran setelah shalat Jumat. Pak Ansar akan menunaikan shalat Jumat di Pulau Penyengat. Pada hari yang sama bu Marlin juga akan ke Penyengat untuk ziarah dan bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat di Penyengat,” jelasnya.

Sedangkan Isdianto – Suryani (Insani) direncanakan juga akan mendaftar pada Jumat. Pada Kamis (3/9) pukul 09.00 WIB akan menggelar deklarasi.

Dikatakan Isdianto saat di Batam Centre, Rabu (2/9), deklarasi dilaksanakan di Taman Engkau Hamidah, depan Sekretariat Partai Demokrat, Batamcentre secara sederhana.

“Insya Allah kami akan deklarasi besok (Kamis, 3 September) secara sederhana saja,” ujar Isdianto.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Tim pemenangan, Raden Hari Tjahyono mengatakan, mengingat pandemi Covid-19, tamu undangan terbatas.

“Mohon maaf undangan kita batasi, mengingat kegiatan di tengah merebaknya Covid-19,” ujarnya.

Ketua DPW Partai PKS Provinsi Kepri ini menambahkan, acara akan dihadiri partai pengusung PKS dan Hanura. “Yang pasti hadir partai pengusung PKS dan Hanura juga insya Allah Partai Demokrat. Mohon maaf yang hadir paling 50 sampai 100 karena kita batasi betul,” ucapnya.(bl)