Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Setelah Puskesmas Tiban Baru Ditutup, kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah dan tiga puskesmas di Batam juga menyusul ditutup sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, RSUD-EF dan 3 puskesmas, yakni Puskesmas Nongsa, Sei Langkai, dan Mentarau resmi ditutup sejak Jumat (28/8).

“Iya ada tiga puskesmas yang tutup sementara, hari ini. Jadi totalnya ada empat puskesmas (dengan Puskesmas Tiban Baru),” ujar Didi Kusmarjadi, Jumat.

Sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19, pelayanan kesehatan ditutup selama 14 hari.

Didi juga mengimbau kepada tenaga medis puskesmas di Kota Batam agar menghindari kegiatan di area tertutup, memakai masker, membawa handsanitizer atau cuci tangan, dan jagak jarak.

Ia juga mengingatkan petugas medis untuk memperhatikan hal-hal yang dianggap sepele.

“Kalau petugas medis saya imbau agar mereka tidak boleh makan bersama-sama di dalam ruangan tertutup. Karena pada saat makan itu pasti masker dibuka,” ucap Didi.

Dan untuk langkah sterilisasi, dijelaskan Diri, puskesmas yang tutup harus menyemprotkan disinfektan di lokasi.

Seperti diketahui, Puskesmas Tiban Baru sudah tutup terlebih dahulu sejak, Senin (24/8), karena sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas terpapar Corona Virus Disease (Covid-19).

Sementara itu, pelayanan di RSUD Embung Fatimah, tambah Didi, juga ditutup sementara selama 14 hari. Di rumah sakit plat merah itu juga sedang dilakukan sterilisasi.

Pantauan di RSUD-EF, Jumat pagi, terlihat sepi. Tidak ada masyarakat yang biasa berlalu lalang datang berobat.

“Sudah banyak yang tahu bang, karena sudah disosialisasikan,” ujar seorang petugas keamanan.(bl)