Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi saat melakukan pertemuan di Dataran Engku Putri. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kasus positif Covid-19 di Batam terus bertambah. Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan adanya 11 warga terpapar Covid, Rabu (19/8). Satu meninggal dan dibawa paksa pihak keluarga. Di hari yang sama 5 pasien sembuh.

Melalui rilis, Rudi menyampaikan, data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dan tracing di Kota Batam. Para terkonfirmasi positif Covid-19 yakni;

Satu, kasus nomor 409, Tn.CAF, laki-laki (27), anggota POLRI, beralamat di Perumahan Legenda Malaka Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota. Pria ini datang ke RS Bhayangkara Batam pada 15 Agustus untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini positif.

Dua, kasus nomor 410, An.AK, Anak perempuan (9), pelajar. Beralamat di perumahan Villa Hang Lekir Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota Kota Batam. Yang bersangkutan terkait dengan ayahnya kasus nomor 373.

Tiga, kasus nomor 411, Ny.NA (42), Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di perumahan Villa Hang Lekir Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan terkait dengan suaminya kasus terkonfirmasi nomor 373.

Empat, kasus nomor 412, Tn.MRA, Laki-laki, (20), anggota POLRI, beralamat di kawasan Batu Besar Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa.

Lima, kasus nomor 413, Tn.FK, laki-laki (21). Anggota POLRI, beralamat di kawasan Batu Besar Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa.

Enam, kasus nomor 414, Tn.MH, laki-laki (56) swasta, beralamat di kawasan perumahan Griya KDA Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota.

Tujuh, kasus nomor 415, Tn.R, laki-laki, (65) wiraswasta, beralamat di perumahan Bengkong Indah II Kelurahan Bengkong Indah Kecamatan Bengkong.

Pada tanggal 15 Agustus datang berobat ke UGD RS Budi Kemuliaan. Dengan keluhan sesak nafas. Sesuai keluhannya dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan RDT yang diperoleh hasil “IgG,IgMReaktif” dan dilanjutkan pemeriksaan Rontgen Thorak dengan kesan Kardiomegali-Elongasi aorta.

Sesuai gambaran viral Pneumonia Typical Covid dan ditegakkanlah diagnosis Suspect Covid-19+CHF+Pneumonia. Selanjutnya oleh dokter pemeriksa direkomendasi untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit guna penanganan kesehatannya lebih lanjut. Kemudian
pada tanggal 16 Agustus dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui positif.

Namun demikian perlu diketahui sejak dilakukan perawatan secara intensif kondisi yang bersangkutan terpantau terus semakin menurun dan akhirnya pada tanggal 18 Agustus dinyatakan meninggal dunia.

Delapan, kasus nomor 416, Ny.Y (46), Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Tanjung Uma, Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja.

Sembilan, kasus nomor 417, Ny.LNB (57), Warga Negara Asing (WNA) asal Philipina, karyawan swasta/Ekspatriat. Beralamat di kawasan Perumahan Puri Legenda Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan pada tanggal 14 Agustus datang ke Klinik Husadatama Batam untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri. Guna keperluan pekerjaannya yang hasilnya diterima dan diketahui positif.

Sepuluh, kasus nomor 418, Tn.LEE (34), WNA aasal Philipina. Laki-laki, karyawan swasta/Ekspatriat, beralamat di kawasan Perumahan Beverly Park Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota.

Sebelas, kasus nomor 419, Tn.MJSS (30), WNA asal Philipina. Laki-laki, karyawan swasta/Ekspatriat, beralamat di kawasan Perumahan Puri Legenda Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota.

Di hari yang sama, ada 5 pasien sembuh, yakni; Kasus nomor 288, 354, 355, 366 dan 367. Pekerjaan anggora POLRI, ASN, Swasta, IRT.

“Saat ini kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya
guna melaksanakan self isolatian/karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari,” ujar Rudi.

Berikut Data Covid-19 Update:

Tanggal 17 Agustus, total 408 kasus, meninggal 24, sembuh 312, dirawat 72 (Positif 7 sembuh 1, meninggal 0).

Tanggal 18 Agustus, total 408 kasus, meninggal 24, sembuh 314, dirawat 70 (Positif 0 sembuh 2, meninggal 0).

Tanggal 19 Agustus, total 419 kasus, meninggal 25, sembuh 319, dirawat 75 (Positif 11 sembuh 5, meninggal 1).(*/bl)