Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt. Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Bid Propam Polda Kepri menggelar razia masker. Setiap kendaraan yang masuk ke Mapolda Kepri diperiksa, untuk memastikan para personil maupun tamu mengenakan masker pada Selasa (18/8) pagi.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid–19 di lingkungan Polda Kepri. Untuk itu Bid Propam melaksanakan pendisiplinan penggunaan masker bagi personel yang akan masuk ke Mapolda Kepri.

Dijelaskan, hal ini menindaklanjuti perintah dari Wakapolri terkait penegakan protokol kesehatan di lingkungan kerja, kantor, maupun pelayanan publik di Kepolisian Polda Kepulauan Riau dan jajaran.

“Kegiatan ini juga menindaklanjuti instruksi dari Presiden terkait penerapan protokol kesehatan utamanya penggunaan Masker,” ujar Harry.

Dijelaskan juga, hari ini pihaknya melakukan penegakan disiplin terhadap personil yang tidak dan atau belum menggunakan masker, hal ini akan menjadi fokus pihaknya dahulu, dan nantinya akan diterapkan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker.

Penggunaan masker ini, tambahnya, merupakan sebuah kewajiban dengan tujuan keselamatan dan kesehatan bagi semuanya.

“Tujuan utama adalah untuk keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan untuk keselamatan dan kesehatan orang lain di sekitar kita,” ujar Harry.

Pantauan di lapangan, sejumlah personil terlihat berjajar memerintahkan setiap kendaraan roda 4 untuk membuka kaca dan memeriksa pengemudi dan penumpang.

Untuk yang tak memakai masker, pihak Propam akan mencatat nama personil tersebut, sementara untuk tamu diperingatkan untuk menggunakan masker setiap masuk Mapolda Kepri.

Harry juga menegaskan, ke depannya bagi anggota yang masih melanggar protokol kesehatan ini akan diberikan sanksi sosial yakni berupa pemasangan kalung yang bertuliskan bahwa, yang bersangkutan adalah pelanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker.

“Dan selanjutnya akan diberikan tindakan disiplin,” imbuhnya.(bl)