Empat begal jalanan yang dibekuk jajaran Polresta Barelang, Selasa (11/8). Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Para begal jalanan berhasil dibekuk jajaran Polresta Barelang, Selasa (11/8). Di antara empat pelaku ternyata berstatus pelajar. Kini, mereka harus meringkuk di balik jeruji sel tahanan.

Keempatnya berinisial MJ (18) masih berstatus pelajar yang bertugas menodongkan pisau, JS (18) pelajar jadi joki motor, keduanya beralamat di Kavling Lama Batuaji, AI (16) pelajar warga Perumahan Galaxi Marina bertugas sebagai yang mengikuti korban, dan MR (19) warga dapur 12 Batuaji bertugas sebagai joki motor Honda beat.

Kasubag Humas Polresta Barelang, AKP Betty Novia mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan korban AM dan FD. Sebelumnya, kedua korban yang baru pulang dari arah Jodoh menyempatkan singgah di jembatan Simpang Jam untuk berswafoto. Saat melanjutkan perjalanan, tepatnya di jalan dekat Imperium, datang dua pelaku naik sepeda motor, langsung menghentikan korban.

“Saat berhenti, pelaku MJ langsung meminta handphone korban sambil mengacungkan golok ke leher korban AM,” ujar Betty.

Mendapat ancaman tersebut, korban ketakutan. Lalu pelaku merampas handphone korban dan membuang kunci kontak motor korban. Setelah berhasil memperdayai korban, para pelaku kabur ke arah simpang Kabil.

Atas peristiwa tersebut korban RM kehilangan handphone Oppo A20, korban AM kehilangan Oppo A5, dan teman korban FD M20 warna Hitam.

Lalu, kata Betty, pada Senin (10/8) sekitar pukul 19.00 WIB, Tim Opsnal mendapat informasi dari masyarakat bahwa pelaku JS berada di sekitaran Kavling Lama Sagulung, Batuaji.

Informasi itu pun langsung ditindaklanjuti. Sekitar pukul 20.00 WIB, Tim Opsnal berhasil mengamankan pelaku, kemudian dilakukan pengembangan pada Selasa (11/8) sekira pukul 00.30 WIB di Ruko Super Murah 8000 Sagulung berhasil mengamankan pelaku MR.

Tim Opsnal kembali melakukan pengembangan kasus tersebut. Pada pukul 02.10 WIB, berhasil mengamankan dua pelaku MJ dan AI, di bilangan Sengkuang, Kecamatan Batuampar dan langsung dibawa ke Polresta Barelang.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 365 dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara.

“Barang bukti yang diamankan dari pelaku 1 handphone Oppo A20 Warna hitam milik korban, 1 motor Honda, 1 Honda Beat warna putih biru dan 1 bilah golok,” pungkasnya.(bl)