Foto bersama usai pembagian sembako tahap 4 secara simbolis oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Badan Pengusahaan Batam (BP) Batam sudah membagikan sembako tahap 4 pada Rabu (29/7). Pendistribusian hari pertama dimulai dari Kecamatan Lubukbaja.

“Sembako tahap empat ini menggunakan anggaran BP Batam. Kemarin tahap satu dan dua dari Pemko, dan tahap tiga dari Pemprov,” ujar Walikota ex-officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, saat menyerahkan bantuan paket sembako tahap 4 secara simbolis kepada masyarakat Kecamatan Lubukbaja.

Rudi mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat. Katanya, bantuan sembako tahap 1 dan 2 merupakan bantuan Pemko Batam yang anggarannya berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Batam tahun 2020. Kemudian tahap 3 merupakan bantuan sembako dari Pemprov Kepri dan yang ke 4 bantuan dari anggaran BP Batam.

Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 55/GT/COVID-19/VII/2020 tanggal 3 Juli 2020, penerima bantuan bahan pokok terdampak Covid-19 di Kota Batam sebanyak 284.223 kepala keluarga (KK).

Paket sembako yang dijadwalkan akan disalurkan hingga minggu depan tersebut akan dibagikan ke 12 kecamatan di Batam, yakni Bengkong, Batu Aji, Sungai Beduk, Belakang Padang, Bulang, Galang, Batuampar, Nongsa, Lubukbaja, Sekupang, Batam Kota dan Sagulung.

Sedangkan Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, mengatakan, untuk nilai setiap paket sembako tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Seperti beras 10 kilogram, indomie 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

Dijelaskan, untuk hari pertama, sembako disalurkan di Kecamatan Lubukbaja sebanyak 19.729 paket. Lalu Kecamatan Belakangpadang sebanyak 2.836 paket, Kecamatan Galang sebanyak 3.105 paket.

“Untuk kecamatan lainnya dilanjutkan setelah Idul Adha,” imbuhnya.(bl)