Kapal SB Takong Hiu saat terbakar di Perairan Karimun. Foto: Ist

KARIMUN (BATAMLAGI.COM) – Satu kapal hangus terbakar di perairan Karimun, depan pelabuhan rakyat, Puakang, Kamis (22/7) sekitar pukul 11.30 WIB. Kapal yang disebut-sebut milik Pemerintah Kabupaten Karimun itu terbakar, kemudian tenggelam.

Informasi di lokasi kejadian, kapal tersebut merupakan milik Bagian Perbatasan Pemkab Karimun dan sempat meledak. Jumlah kru 3 orang. Terdiri dari nakhoda, KKM dan ABK.

Saat peristiwa naas itu, semua kru berhasil menyelamatkan diri. Mereka mengalami luka lecet, karena terjun ke laut. Warga sekitar dengan memakai speed boat berusaha memberikan pertolongan. Di lokasi juga tampak kapal Patroli Polda Kepri, Polres Karimun melakukan evakuasi para kru.

Asap tebal menghitam terus membumbung ke langit. Tak lama, kapal itu pun tenggelam ke dasar laut.

Namun informasi diperoleh, sebelum terbakar, kapal SB Takong HiuĀ  bantuan dari Pemerintah Pusat pada tahun 2014 itu, baru mengisi bahan bakar di daerah Kolong.

Kepala Bagian Perbatasan Pemkab Karimun, Tohab yang dihubungi wartawan mengatakan, kapten kapal tersebut bernama Nasrun dan dua ABK bernam Safii dan Atan. Semua kru sudah dibawa ke RSUD M Sani.

Sedangkan penyebab terbakarnya kapal, diduga berasal dari percikan api knalpot kapal. Ia menjelaskan, usai mengisi BBM di Pelabuhan Kolong, kapal hendak kembali ke pangkalan samping Gabion.

“Sedang asal api dari keterangan sementara salah satu ABK kapal dipicu knalpot mesin. Percikan api langsung menyambar. Saya tegaskan tidak ada yang merokok. Karena tidak boleh merokok,” papar Tohab.(bl)