KMP Bahtera Nusantara 01 sandar perdana di Pelabuhan Tanjung Payung, Penangi, Ranai, Jumat (17/7) pagi. Foto: Batamlagi.com

NATUNA (BATAMLAGI.COM) – Untuk pertama kali di masa pandemi Covid-19, kapal roll on-roll off (RoRo) KMP Bahtera Nusantara 01 sandar di Pelabuhan Tanjung Payung, Penangi, Ranai, Jumat (17/7) pagi.

General Manager Ferry ASDP Cabang Batam, Arifuddin mengatakan, kapal RoRO ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Kapal ini memiliki spesifikasi panjang 71,92 Meter, lebar 14,00 Meter dan draf 3,10 Meter. Kapal ini dioperasikan di lintas Tanjung Pinang, Matak, Natuna, Serasan, Tambelan dan Sintete serta mengangkut penumpang, barang dan kendaraan,” ungkap Arifuddin.

Dijelaskan, kapal ini berkapasitas 1.500 Gross Tone (GT), panjang 71,92 meter, lebar 14 meter serta sarat kapal 3,28 meter. Sedangkan muatan kapal mampu menampung 36 unit kendaraan ukuran besar dan kecil.

Kapal ini juga dirancang sesuai standar nasional dan Internasional dengan kapasitas penumpang sebanyak 378 orang dan 24 awak kapal. Serta kecepatan dinas kapal rata-rata 15 knot.

Arifuddin berharap, kapal ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

“KMP Bahtera Nusantara 01 mestinya menjadi motor penggerak ekonomi bagi masyarakat khususnya Natuna. Dan tentunya tetap dengan memperhatikan keamanan, keselamatan dan juga kebersihan,” pungkasnya.(bl)