Paramedis saat mengobati pasien Covid-19. Foto Ilustrasi

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Warga yang terpapar Covid-19 dan sembuh kembali bertambah. Dalam sehari, 3 warga terpapar dan 1 sembuh.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi dalam rilisnya, Jumat (17/7) menjelaskan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yakni;

Laki-laki berinisial Tn.AMS (67), Swasta, beralamat di kawasan perumahan Kavling Seroja, Kelurahan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 268 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 14 Juli 2020 dibawa oleh keluarganya berobat ke RSUD Embung Fatimah Batam dengan keluhan sudah dua
hari sebelumnya mengalami kelemahan anggota gerak tubuh sebelah kiri tanpa ada keluhan demam, batuk pilek maupun sesak nafas, namun diketahui memiliki riwayat stroke 3 tahun yang lalu.

Sehubungan dengan kondisinya tersebut dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon terhadap yang bersangkutan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi positif.

Kedua, laki-laki berinisial Tn.AU (55), Tukang Bangunan beralamat sementara di kawasan perumahan Kavling Mangsang Lestari Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 269 Kota Batam.

Yang bersangkutan mengatakan adalah warga Kota Padang Sumatera Barat dan sudah sejak bulan Februari lalu tinggal di tempat anaknya yang sudah bekerja dan menetap di Kota Batam.

Sehubungan rencana kepulangannya ke Kota Padang pada tanggal 13 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke Klinik Thamrin Batam, untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil reaktif.

Mengingat hasil RDT tersebut pihak klinik kemudian menyerahkan pemantauan dan penanganan selanjutnya ke Puskesmas Sei Pancur, sesuai dengan alamat/domisili tempat tinggalnya dan diedukasi untuk dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/ isolasi di rumah sakit tersebut.

Pada keesokan harinya tanggal 14 dan 15 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukanlah pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Terakhir, laki-laki berinisial Tn.MHP (37), instalatur listrik, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Pos lestari Kebun Sayur Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 270.

Sedangkan pasien sembuh dari Covid-19 adalah kasus nomor 244 atas nama Aseh Miftah (43) warga Sagulung.

Berikut Data Covid-19 Update:

Tanggal 16 Juli, total 267 kasus, meninggal 12, sembuh 231, dirawat 24 (Positif 0, sembuh 4)

Tanggal 17 Juli, total 270 kasus, meninggal 12, sembuh 232, dirawat 25 (Positif 3, sembuh 1).(bl)