Ilustrasi murid SD. Foto: Batamlagi.com

KARIMUN, (BATAMLAGI.COM) – Para murid sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Karimun mulai masuk sekolah pada Senin (13/7). Hal ini seiring dengan status daerah tersebut sudah masuk zona hijau. Sedangkan murid sekolah dasar (SD) masih belajar di rumah.

Sudah lama murid di Kabupaten Karimun diliburkan, akibat dampak dari Pandemi Covid-19. Akhirnya Senin (13/7), aktifitas belajar mengajar kembali dimulai.

Kepala Dinas Pendidikan, Bakrie Hasyim mengatakan, seluruh SMP sederajat mulai masuk sekolah perdana.

“Hari ini semua SMP sederajat sudah mulai masuk kembali, dimulai dari siswa kelas 7 atau kelas 1 SMP,” ujar Bakrie, Senin.

Dikatakannya, saat mengikuti proses belajar mengajar itu, para murid tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia menjelaskan, untuk satu lokal yang biasanya diisi 32 murid, kini hanya diisi 16 murid.

Pihaknya juga menerapkan pola bergantian dalam seminggu. Satu minggu ada 6 hari sekolah. Jadi 16 siswa pertama nantinya akan masuk sekolah dan melakukan aktivitas belajar pada hari Senin, kemudian untuk 16 siswa yang lainnya, akan masuk sekolah pada hari Selasa.

Jadi efektif sekolah, siswa satu orang masing-masing masuk sekolah selama seminggu hanya 3 hari.

“Sementara untuk hari lainnya yang mereka harus bejalar di rumah, tetap melaksanakan aktivitas belajar di rumah dengan bimbingan dari masing-masing guru bidang studi,” tambah Bakrie.

Aktifitas ini akan terus dilakukan seperti ini, hingga batas waktu yang belum dapat dipastikan.

Dijelaskan juga, jam belajar per mata pelajaran dikurangi 10 menit. Bisanya 40 menit, kini hanya 30 menit.

“Aktivitas sekolah dimulai pukul 07.30 WIB, siswa pulang sekolah pukul 11.30 WIB, lebih cepat,” paparnya.(bl)