Rian Ernest-Yusiani Gurusinga saat membacakan pamit (pengunduran dari) dari kontestasi Pilkada Batam. Foto: Instagram

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Batam dari jalur perseorangan (Independen), Rian Ernest-Yusiani Gurusinga, menyatakan mengundurkan diri dari pertarungan Pilkada Kota Batam.

Rian Ernest yang didampingi Yusiana, Kamis (9/7), mengatakan, sebagai satu-satunya calon independen pada Pilkada Batam, pihaknya terus memantau perkembangan laporan harian dari para relawan yang mengawasi proses verifikasi faktual.

“Dan setelah kami mengamati secara seksama dan berdiskusi mendalam, kami Rian dan Yosi, sampai pada kesimpulan bahwa kami belum berhasil meraih tiket Batam jalur independen,” ujar Ernest.

Dikatakan Ernest, pihaknya sudah berjuang sekuat tenaga bersama tim dan warga Batam untuk mengumpulkan dukungan sebagai salah satu persyaratan maju.

“Melihat realita di lapangan, kami harus mengakui bahwa jalan dan perjuangan kami telah usai. Inilah hasil terbaik kami,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Batam serta sukarelawan Batam Baru yang telah bergerak.

“Kami sudah berjuang sebaik-sebaiknya dan sekuat tenaga kami, bersama warga Batam dan semua relawan Batam Baru yang berjibaku mengumpulkan dukungan kepada kami dari seluruh wilayah,” ucapnya.

Ia berharap semangat Batam Baru dapat diteruskan. Janganlah pernah lupa, warga Batam sendirilah kunci perbaikan Kota Batam.

“Kami mendoakan kepada seluruh kandidat dari partai politik yang akan bertanding di pilkada nanti agar dapat menjalani seluruh tahapan pilkada secara aman dan lancar,” kata Ernest.

Berdasarkan pantauan sukarelawannya di lapangan, katanya, sekitar 70 persen pendukung tidak dapat ditemui petugas verifikasi faktual KPU karena pindah rumah dan berbagai alasan lainnya.

Pada kesempatan itu Ernest memberikan apresiasi untuk jajaran KPU bersama Bawaslu Kota Batam beserta seluruh petugas yang bekerja di lapangan.

Ernest menilai penyelenggara pemilu telah bekerja dengan profesionaI dan berintegritas, juga jajaran Polresta Barelang yang telah menjaga keamanan di Batam.

“Kami pamit terimakasih atas dukungan teman-teman. Salam,” tutup Ernest yang memakai baju warna gelap dipadu celana jeans.(bl)