Petugas medis dari puskesmas saat melakukan Rapid Test pada pedagang Pasar Toss 3000, Seijodoh, Kamis (9/7). Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Penataaan dan rapid test dilakukan Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam di Pasar Toss 3000 Seijodoh, Kecamatan Lubukbaja, Kamis (9/7). Para pedagang yang reaktif langsung dibawa ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, untuk membawa pedagang yang hasilnya reaktif sudah disiapkan dua bus.

“Kita siapkan dua bus. Jika hasilnya reaktif langsung dibawa ke RSKI Covid-19 Galang,” ujar Gustian di lokasi.

Dijelaskannya, penataannya di hari pertama yang rencananya digelar 3 hari ini dilakukan di blok pertama, dan juga menggelar rapid test massal.

Sebelumnya, katanya, penataan dilakukan pihak pengelola dengan mengecat memberi tanda silang, sebagai pengaturan jarak antar pedagang. Namun cat hilang karena kena hujan, sehingga akan dicat lagi.

Dalam melakukan rapid test, tim medis puskesmas kecamatan dan dinkes yang dilibatkan. Dibantu tim gabungan TNI-Polri serta Satpol PP.

Pantauan di lapangan, satu persatu pedagang mau dirapid test. Dari ratusan pedagang yang dirapid, 6 orang hasilnya reaktif dan langsung dibawa ke RSKI Covid-19 Galang untuk diisolasi.(bl)