Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan adanya 1 warga terpapar Covid-19 pada Senin (6/7). Pasien yang dirawat berjumlah 32, sembuh 197, meninggal 12, total ada 241 kasus.

Melalui rilis dijelaskan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini merupakan hasil pemeriksaan swab Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus re-infeksi di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah laki-laki berinisial Tn. DH usia 46 tahun, Karyawan Bank BUMN di Pekanbaru, Riau, beralamat di kawasan perumahan Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang Kota Batam, merupakan kasus re-infeksi Covid-19 Nomor 241 Kota Batam.

Yang bersangkutan sebelumnya merupakan kasus terkonfirmasi positif nomor 181 yang sudah dinyatakan sembuh pada tanggal 20 Juni 2020 yang lalu, dan harus menjalankan isolasi mandiri di rumahnya selama 14
hari yang akan berakhir pada tanggal 4 Juli 2020.

Namun pada tanggal 30 Juni 2020 sebelum berakhirnya masa isolasi yang bersangkutan telah keluar rumah dan pergi ke RS Budi Kemuliaan Batam, untuk melakukan pemeriksaan swab Tenggorokan (PCR) ulang secara mandiri untuk keperluan persyaratan penerbangan ke Pekanbaru guna kembali bekerja.

Hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Prodia Batam yang diterima pada hari ini menyimpulkan bahwa yang bersangkutan kembali terkonfirmasi positif.

Berdasarkan anamnesa yang dilakukan yang bersangkutan mengatakan selama dalam masa isolasi mandiri di rumahnya tidak pernah melakukan aktifitas di luar rumah, kecuali pada saat aktifitas olahraga ataupun berjemur, dan itupun dilakukan hanya di sekitar halaman rumahnya saja.

Yang bersangkutan sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.(bl)