Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Foto: Diambil dari Twitter

JAKARTA (BATAMLAGI.COM) – Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 (Gugus Tugas Nasional), Achmad Yurianto mengungkapkan tempat-tempat yang sangat rawan terjadi penularan Covid-19 dari orang ke orang adalah di tempat berkumpulnya banyak orang dan dalam waktu yang lama.

“Tempat yang sangat rawan dan memungkinkan terjadinya penularan, yaitu tempat dimana orang bertemu, berkumpul dengan waktu yang cukup lama. Misalnya di kantor,” ujar Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta melalui kanal YouTube, Minggu (28/6).

Dia juga mengatakan agar pengelola kantor memperhatikan pengaturan tempat kerja. Waktu kerja karyawan juga memperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak dan memakai masker meski berada di kantor dengan benar.

Juga disebutkan, salah satu tempat yang paling rawan terjadinya penularan virus Covid-19 baru adalah di pasar tradisional.

Yurianto mengingatkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah untuk melakukan pengaturan operasional pasar, agar semua pengunjung dan penjual bisa sama-sama menjalankan protokol kesehatan.

Tempat lain yang juga rawan terjadi penularan adalah tempat makan, warung, khususnya di rumah makan daerah perkantoran, karena banyak dikunjungi karyawan pada jam makan siang secara bersamaan.

Yurianto meminta masyarakat harus mewaspadai hal tersebut dan sebisa mungkin mencari cara agar aman dan tidak tertular virus corona.

Dikhawatirkan juga oleh Yurianto adalah di saat para pekerja tersebut pulang membawa virus, maka bisa menularkan kepada anggota keluarga di rumah yang berisiko tinggi.

“Maka dengan ini mari dengan bergotong royong kita tanggulangi bersama masalah Covid-19 ini. Kita pasti bisa,” tutupnya.(bl)