Ilustrasi murid sekolah dasar. Foto: Batamlagi,com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pendaftaran siswa baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkatan SD dan SMP di Kota Batam akan berakhir Jumat (26/6). Sementara jumlah para pendaftar sudah melebihi kuota daya tampung siswa.

“Untuk tingkat SMP, saat ini perkiraan daya tampung siswa sebanyak 11.376 orang. Tetapi calon siswa baru yang telah mendaftar hingga kini sudah mencapai 12. 795 orang,” ujar Hendri Arulan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Rabu (24/6).

Berdasarkan data web aplikasi PPDB tingkat SD dan SMP, Selasa (23/6), Jumlah pendaftar ada 24.002 orang, yang sudah diverifikasi 22.047 orang.

Dengan rincian, jenjang SD yang daftar 11.207 dan terverifikasi ada 10.345. Kemudian, jenjang SMP, pendaftar 12.795 orang, dan terverifikasi 11.702 orang.

Untuk diketahui, Rencana Daya Tampung (RDT) dihitung berdasarkan kuota siswa yang lulus di tiap sekolah. Diperkirakan Hendri, pendaftar masih terus bertambah karena batas terakhir tanggal 26 Juni.

Menurut Hendri, persoalan daya tampung sudah tiap tahun terjadi saat PPDB ajaran baru. Untuk saat ini pihaknya masih berpatokan sesuai dengan rencana awal di mana tiap lokal menampung 36 sampai 40 siswa.

Ia mengimbau, apabila calon siswa yang tak lolos ke sekolah negeri, khususnya untuk siswa SMP, disarankan agar para orang tua beralih ke sekolah swasta. Meskipun, saat ini perekonomian tengah terpuruk karena dampak Covid-19. Setidaknya, katanya, peserta didik bisa bersekolah. Untuk sekolah swasta, diharapkan memberikan keringanan soal pembiayaan.

“Mau gimana lagi, konsekuensinya begitu. Kita berpesan kepada swasta untuk memberikan keringanan seringan-ringannya. Seperti, uang pembangunan dinolkan saja dulu, yang wajib sajalah dulu,” imbuhnya.(bl)