Kadinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi. Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, hasil pemeriksaan sampel swab tenggorokan almarhumah N, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang jenazahnya dijemput pihak keluarganya terkonfirmasi negatif.

“Iya, hasilnya sudah keluar, negatif,” ucap Didi, kepada wartawan, Kamis (11/6).

Didi mengatakan, pihaknya sudah bekerja sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang berlaku. Apabila pasien dengan status PDP yang meninggal dunia, harus dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19.

Menurut Didi, pasien ini sebelumnya ditangani Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Batam, lalu dirujuk ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

“Kemarin, keluarganya (menjemput), almarhumah dimakamkam. Jadi rumah sakit (RSBP) membuat perjanjian dengan pihak keluarga yang bersangkutan. Yang penting kami bekerja sesuai protap yang berlaku,” kata Didi.

Hal senada juga dijelaskan melalui Direktur RSBP Batam, Sigit Riyarto. Dalam rilisnya dikatakan, pasien tersebut merupakan rujukan dari RSHB Batam yang didiagnosa ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome) atau sesak nafas hebat karena pasien tersebut mempunyai riwayat sakit jantung dan hipertensi.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, pasien ini dinyatakan sebagai PDP, dan kemudian dipindahkan ke ruang rawat PIE atau ruang khusus penanganan Covid-19.

Pasien tersebut telah dilakukan swab, namun hasilnya belum keluar. Pada tanggal 9 Juni 2020, pasien mengalami perburukan sehingga henti nafas dan henti jantung.(bl)