Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan adanya penambahan warga positif covid-19 pada Senin (1/6). Terkonfirmasi positif Covid-19 ada 12 orang yang terdiri atas 8 perempuan dan 4 laki-laki.

Disebutkan dalam rilisnya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Batam ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan temuan kasus baru (impor) dan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari klaster gereja HOG Eden Park dan Palm Spring Nomor 100, Kecamatan Kota Batam, yakni;

1. Seorang laki-laki berinisial Tn.T usia 68 tahun, Swasta, beralamat di wilayah Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 129 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan ayah kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102. Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

2. Seorang perempuan berinisial Ny.MT usia 61 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di wilayah Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 130 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan ibu kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 102. Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

3. Seorang anak laki-laki berinisial An.U usia 08 tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Glory View Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 131 Kota Batam. Ibu yang bersangkutan merupakan jemaat dan teman Terkonfirmasi positif nomor 82 yang bertemu pada saat acara pernikahan.

Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

4. Seorang perempuan berinisial Nn.S usia 20 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Sukajadi Kelurahan Sukajadi Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 132 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan adik ipar dari Terkonfirmasi Positif Nomor 100.

5. Seorang anak perempuan berinisial An.K usia 04 tahun, beralamat di kawasan ruko terowongan Sei Panas Kelurahan Sei Panas Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 133 Kota Batam.

Sehubungan dengan kematian ayahnya yang meninggal mendadak di rumah dengan memiliki riwayat keluhan batuk disertai demam dan sesak nafas, serta dengan melihat gejalanya tersebut maka, oleh tim penanganan Covid-19 Puskesmas pemulasaran jenazahnya dilakukan secara protokol Covid-19.

6. Seorang perempuan berinisial Ny.ZealSJ usia 44 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 134 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan kakak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 124, hal ini diketahui dari pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

7. Seorang perempuan berinisial Nn.DP usia 21 tahun, Belum Bekerja, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 135 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan keluarga dari pasangan Terkonfirmasi Positif Nomor 123 dan 124. Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

8. Seorang perempuan berinisial Ny.SF usia 45 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan Perumahan Baitul Hasanah Kelurahan Tiban Baru Kecamatan Sekupang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 136 Kota Batam.

Yang bersangkutan menghadiri takziah atas meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan
Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109.

9. Seorang laki-laki berinisial Tn. MR usia 33 tahun, Swasta, beralamat di kawasan Perumahan Tiban Housing, Kelurahan Tiban Baru Kecamatan Sekupang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 137 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah pengemudi mobil jenazah dan ikut serta mengangkat jenazah pada saat meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster Palm Spring
101,102,103,104,105,106 dan 109.

10. Seorang perempuan berinisial Ny.NEW usia 43 Tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Nusa Jaya Kelurahan Sei Panas Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 138 Kota Batam.

Yang bersangkutan menghadiri takziah atas meninggalnya Almarhum Ian Alexander pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101. Hal ini diketahui dari pengembangan Penyelidikan
Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109.

11. Seorang laki-laki berinisial Tn. DA usia 29 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Perum Garden Raya Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 139 Kota Batam.

Yang bersangkutan adalah pengemudi mobil jenazah dan ikut serta mengangkat jenazah pada saat meninggalnya Almarhum Ian Alexander
pasien PDP yang merupakan keluarga dari Terkonfirmasi Positif Nomor 101.

Hal ini diketahui dari pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster Palm Spring 101,102,103,104,105,106 dan 109.

12. Seorang remaja perempuan berinisial Nn. PN usia 13 tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 140 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 134. Hal ini diketahui dari hasil pengembangan Penyelidikan
Epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh klaster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai
cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Rudi juga mengingatkan dan mengimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja, mengenakan masker.

“Jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,” demikian disiarkan.(bl)