Para nelayan dari Papua yang sampai di Karimun diberi pengarahan oleh petugas, Senin (25/5) dinihari. Foto: Ist

KARIMUN (BATAMLAGI.COM) – Sebanyak 27 ABK kapal jaring rawai tiba di Karimun, Senin (25/5) sekitar pukul 01.30 WIB. Para nelayan itu baru datang dari Marauke, Papua. Kedatangannya terpantau pihak kepolisian dan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kita lakukan terhadap 27 ABK kapal rawai jaring dari Marauke, Papua. Mereka baru tiba di Karimun, Minggu (24/5),” ujar AKP Doddy Santosa Putra SIK, Kapolsek Meral, Senin pagi.

Dikatakannya, dinihari itu, jajarannya bersama tim medis mengidentifikasi puluhan ABK tersebut, dan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan rapid test dengan melibatkan petugas medis Puskesmas Meral dan sejumlah stake holder kesehatan.
Pemeriksaan dilakukan di depan Kelenteng Shen Nong Tian Taman Puri Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral.

“Terhadap 27 orang itu kita lakukan pemeriksaan rapid test. Ini dilakukan untuk memastikan mereka masuk ke Kabupaten Karimun dalam kondisi sehat dan tidak membawa virus Covid-19,” tegas Doddy.

Dijelaskan juga, 27 para ABK jaring rawai itu naik 5 kapal jaring rawai, antara lain KMN Surya Jaya 99, KMN Sinar Jaya 99, KM JayaLaut Baru, Km Berjaya 88 dan KM Surya Jaya 88.

Lebih lanjut Doddy menjelaskan, dari pemeriksaan rapid test terhadap 27 ABK, secara keseluruhan hasilnya non reaktif.

“Seluruhnya didapati hasil non reaktif Covid-19, sehingga tidak dilakukan Karantina di pusat Karantina Covid-19 yang ada,” ujarnya.

Doddy juga menghimbau seluruh masyarakat agar dapat mematuhi aturan dan anjuran pemerintah dalam pencegahan Covid-19.

“Kita terus melakukan berbagai upaya guna mencegah dan melakukan pengamanan. Namun tentunya, ini juga harus ada dukungan dan kerjasama dari masyarakat luas. Kami semua bekerja tak akan berhasil tampa dibantu masyarakat luas,” paparnya.(bl)