Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. Foto; Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Walikota/ Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi ingin pada pertengahan Juni mendatang Kota Batam bisa kembali membuka karantina wilayah yang selama ini diterapkan. Mengingat negeri jiran juga sudah ancang-ancang membuka lockdown.

“Saya ingin Covid ini harus segera kita akhiri. Karena informasinya Singapura, 1 Juni akan dibuka lockdownnya, buka habis. Hari ini mereka sudah parsial, orang sudah mulai keluar. Maka perputaran ekonomi bisa berjalan. Dan Malaysia kalau tidak berubah 9 Juni (dibuka). Batam tanggal berapa? Kemungkinan di atas tanggal itu,” ujar Rudi, Sabtu.

Dikatakan Rudi, melihat kondisi saat ini penerapan protokol kesehatan sudah diikuti. Begitu juga paket sembako juga dibagikan. Sehingga keputusan pertengah Juni Covid selesai, dan komunikasi alur perdagangan juga dibuka. Namun, protokol kesehatan harus tetap diikuti.

Rudi juga mengatakan, akan segera melapor ke pusat. Karena Batam menjadi perhatian khusus sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ), begitu juga perkembangan kasus Covid-di Batam. Dimana pasien positif ada 54 orang, meninggal 7 orang, 29 orang yang sembuh dan 18 dalam perawatan.

“Hari Selasa saya Vidcon dengan Pak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto). Karena beliau perhatian betul ke Batam. Saya juga berharap sebelum syawal datang, (Pasien) yang dirawat bisa sembuh semua merayakan Idul Fitri,” katanya.

Ia juga menjelaskan, jika Batam sudah buka, maka proses ekonomi kembali berjalan. Sehingga masyarakat bisa menikmati. Karena sejak adanya Covid-19 beberapa sektor penting terkena imbasnya. Sejumlah hotel, restoran, mall, pusat keramaian lainnya juga terdampak. Akibatnya ribuan pekerja juga ikut dirumahkan.

“Tanggal 15 Juni, ada pelonggaran buka seperti biasa, (bila) tidak ada Covid. Kalau sudah buka proses ekonomi jalan, maka masyarakat bisa menikmati apa yang dilakukan. Tapi kalau belum aman, maka kita tetap usahakan seperti yang kita lakukan selama ini, jaga jarak, pembatasan sosial dan lainnya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad sangat berharap masyarakat menaati imbauan pemerintah, untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Jika kita ikuti imbauan pemerintah tentunya kita berharap tidak ada penambahan lagi. Dan Batam kembali zero dari Covid ini,” imbuhnya.(bl)