Ketua Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Batam, HM Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jumlah pasien pasien positif Covid-19 yang sembuh kembali bertambah. Kamis (7/5) diumumkan 6 pasien kembali sembuh, total yang sembuh 22 orang.

6 pasien yang sembuh tersebut adalah kasus nomor 13 yang dirawat di RSUD Embung Fatimah, lalu kasus nomor 14, 17, 25, 28 dan 30 yang dirawat di RS BP Batam. Terdiri dari 4 perempuan dan 2 laki-laki.

“Bertambahnya pasien terkonfirmasi positif sembuh ada enam orang,” kata Ketua Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Batam sekaligus Wali Kota Batam HM Rudi Ex-Officio Kepala BP Batam melalui rilisnya, Kamis (7/5).

Dijelaskan Rudi, 6 pasien sembuh, 4 di antaranya ASN di Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Batam. 1 orang guru sekolah swasta dan 1 anggota Polri Polsek Galang.

Dengan demikian berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam, maka keenamnya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Adapun 6 pasien sembuh yakni Iwan Kristanto, ASN Kota Batam yang dirawat di RSUD Batam. Kemudian yang dirawat di RSBP yakni Kurniawati Guru Sekolah Charitas Sukajadi, Tengku Komalasari, Evi Murni, Tuti Aryanti yang merupakan ASN Batam. Dan Terakhir, Erwin Parlindungan anggota Polri Polsek Galang.

Selanjutnya, pasien tersebut diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Namun tetap melaksanakan karantina mandiri di rumahnya selama 14 hari.

“Hari ini (Kamis) mereka dipulangkan. Tapi tetap karantina mandiri selama 14 hari. Total pasien Covid-19 ada 36 orang, meninggal enam orang, sembuh 22 orang yang masih dalam perawatan delapan orang,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Ditambahkan, pasien yang masih dirawat masih menunggu hasil swab yang diambil BTKL PP. Karena untuk memastikan benar-benar sembuh dari Covid-19, pasien positif harus diperiksa swab ulang kembali sesuai protokol kesehatan.

“Seperti kasus 06 anak kandung dari kasus 04 (sudah meninggal). Baru satu kali negatif. Diambil lagi swab ulang sampai empat kali hasilnya positif. Jadi dia belum dinyatakan sembuh,” paparnya.(*/bl)