Aktifitas penumpang Bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu lalu. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, maskapai penerbangan di Batam sudah mulai beroperasi. Namun penerbangan ini bukan untuk komersial apalagi untuk mudik.

Dikatakan Suwarso, penerbangan ini untuk para repatriasi pekerja migran Indonesia dan pejabat negara. Lanjut Suwarso, sebelum terbang, para pekerja migran maupun pejabat negara ini harus menyertakan surat jalan dari masing-masing instansi terkait.

“Dan harus ada surat keterangan bebas Covid-19,” tegas Suwarso dihubungi wartawan, Kamis (7/5).

Informasi yang dihimpun, maskapai penerbangan Garuda Indonesia siap terbang. Armada pertama, GA 1524/GA 1554 akan bertolak dari Jakarta (CGK) menuju Batam (BTH) lalu kembali ke Jakarta (CGK).

Selanjutnya, GA 1771/GA 1594 akan bertolak dari Pekanbaru (PKU) menuju Batam (BTH), lalu kembali terbang ke Jakarta (CGK). Selain pesawat penumpang, pesawat kargo juga beroperasi.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja yang dilakukan bersama Komisi V DPR secara virtual, Rabu (6/5) mengatakan, semua moda transportasi kembali beroperasi.

Budi mengatakan rencananya, mulai Kamis, (7/5) moda transportasi seperti pesawat dan lainnya akan kembali beroperasi. Ia menegaskan, kebijakan larangan mudik tetap berlaku dan hanya orang dalam kriteria khusus yang diperbolehkan bepergian.

“Kelonggaran terhadap moda transportasi tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh warga yang memiliki kriteria-kriteria yang disepakati pemerintah,” imbuhnya.

Setidaknya terdapat 4 kriteria; Pertama, adalah orang yang bekerja pada pelayanan bidang pertahanan, keamanan, kebutuhan dasar, pendukung layanan dasar, fungsi ekonomi, percepatan penanganan covid-19; Kedua, pasien yang membutuhkan penanganan medis; Ketiga, orang dengan kepentingan mendesak keluarga yang meninggal dunia; Keempat, pemulangan PMI, WNI, dan pelajar dari luar negeri dan pulang ke daerah asal.(*/bl)