Kapolsek Bengkong, AKP Yuhendri. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Polsek Bengkong berhasil mengungkap kasus pembuangan bayi laki-laki di Telaga Indah, Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong. Pelaku diduga kuat ibu kandung bayi malang tersebut.

Kapolsek Bengkong, AKP Yuhendri dalam pengungkapan yang turun langsung ke lapangan, berhasil mengamankan wanita muda berinisial OMS berusia 21 tahun dari tempat tinggalnya di Tanjungbuntung, Bengkong pada Sabtu (2/5) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Sore kami amankan, kondisinya belum stabil kemarin,” ujar Yuhendri.

Kata Kapolsek, saat diamankan OMS hanya menangis dan belum mau mengaku. Setelah diajak ngobrol akhirnya pelaku mengakui perbuatannya.

“Kita ajak ngomong pelan-pelan, baru malam tadi, dia mengaku,” ujarnya.

Dari pengakuan kepada polisi, pelaku tega membuang darah dagingnya sendiri lantaran malu, karena tidak ada bapaknya. OMS diketahui juga sebagai karyawan swasta.

Sebelumnya, warga sekitar Teluk Indah, Bengkong dikejutkan dengan tangisan bayi baru lahir pada Jumat (1/5) sore. Warga pun heboh dan melaporkan kepada polisi. Saat itu juga, jajaran Polsek Bengkong melakukan penyelidikan.

Dari sejumlah keterangan di lapangan, ada informasi warga yang melihat seorang wanita muda keluar dari klinik bersalin pada Jumat sore. Ternyata benar, hari itu di klinik ada menangani pasien baru melahirkan namun sudah pulang.

Dijelaskan Kapolsek, pelaku melahirkan sekitar pukul 15.00 WIB di klinik tersebut, tapi karena kondisi ibu bayi sehat maka diperbolehkan pulang ke rumahnya.

“Dari pengakuan tersangka, sebelum pulang ke kosnya, dia letakkan bayi yang baru dilahirkan itu dekat lokasi kos lamanya di Bengkong,” paparnya.

Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, junto Pasal 305 KUHP dengan ancaman penjara 5 Tahun 6 bulan.(bl)