Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, HM Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Dari 29 pasien terkonfirmasi positif kru KM Kelud yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi Galang, dilaporkan sebanyak 15 pasien sembuh.

“Kasus ini tidak tercatat di data kasus pasien di Batam. Karena anggota kru tersebut bukan warga berdomisili di Batam,” kata Rudi, Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam dalam dirilisnya yang diterima wartawan pada Minggu (3/5).

Dikatakannya, para pasien oleh tim Medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 itu diperbolehkan pulang. Saat ini kondisi semua pasien dalam keadaan sehat dan stabil. Dan dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya. Selanjutnya, melaksanakan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Azril memaparkan setelah dilakukan RDT saat kapal bersandar di Pelabuhan Batuampar pada 12 April lalu, ada 40 orang kru yang hasilnya reaktif.

Kemudian kesemuanya dibawa ke RS Khusus Galang. Setelah dilakukan swab ulang, ada 11 kru yang dinyatakan negatif dan sembuh waktu lalu. Dan dikembalikan ke PT Pelni. Sementara, 29 hasil swabnya masih positif sehingga masih dirawat dan dilakukan pemeriksaan. Dan pengambilan swab kembali. Hasilnya 15 kru kapal lagi yang dinyatakan sembuh.

“Hari ini ada penambahan ada 15 orang lagi yang dinyatakan sembuh. Sedangkan 14 masih dirawat di RS Galang. Karena ini bukan masuk kasus Batam, sesuai prosedur tetap diumumkan. Pemulangan mungkin sama dengan pasien sebelumnya,” ujarnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam ini.(bl)