Calon penumpang saat berada di pintu keberangkatan di Bandara Hang Nadim Batam belum lama ini. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pihak Bandara Hang Nadim Batam akan menutup penerbangan untuk penumpang umum mulai besok, Sabtu (25/4) hingga tanggal 1 Juni 2020. Hal ini diberlakukan menyusul surat edaran larangan terbang dari Kementerian Perhubungan.

“Besok Sabtu (25/4) kita tidak beroperasional hingga 1 Juni. Ini dapat berubah atau diperpanjang tergantung menyesuaikan pandemi covid-19 di Indonesia,” ujar Direktur BUBU Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, Jumat (24/4).

Dikatakan Suwarso, penghentian operasional ini hanya diberlakukan kepada penumpang umum saja. Sedangkan untuk pengiriman barang masih tetap jalan.

“Pengiriman barang tetap jalan terus, termasuk barang yang dikirim militer untuk keperluan rumah sakit di Galang,” terang Suwarso.

Dampak dari kebijakan larangan terbang ini, banyak masyarakat yang datang ke counter maskapai penerbangan di Bandara Hang Nadim, untuk mengalihkan jadwal penerbangan lebih awal maupun menukar tiket dengan uang.

Hari itu, terlihat 2 konter yakni, Lion Air Group dan City Link masih menerima layanan keluhan masyarakat.

Saat dikonfirmasi kepada salah satu customer service Citilink mengatakan, saat ini pihaknya hanya melayani refund tiket.

“Hari ini (Jumat) masih ada penerbangan saja. Tapi, kita sudah tidak melayani pembelian, hanya yang melakukan refund,” ujar seorang petugas.(bl)