Walikota Batam, HM Rudi. Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Walikota Batam, HM Rudi mengatakan, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam, saat ini tidak ada yang melakukan kegiatan kecuali dinas terkait dengan Covid-19.

“OPD saya menganggur semua. Tak ada kegiatan, kecuali dinas yang berhubungan Covid. Seperti Dinsos, Dinkes, Satpol PP (yang bekerja), (OPD) yang lain istirahat semua. Kita juga arahkan termasuk DPRD, item perjalanan dinas juga diarahkan,” ujar Rudi saat kegiatan Musrenbang tingkat Kota Batam, di panggung Dataran Engku Putri, Batamcentre, Kamis (23/4).

Dikatakan Rudi, kondisi tersebut dikarenakan turunnya peraturan dari Kemenkeu RI dan Kemendagri RI bahwa, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) harus diarahkan untuk menyelesaikan virus Corona.

Meskipun sudah mengurangi sejumlah kegiatan, katanya, dana penanggulangan Covid-19 tidak mencukupi.

Rudi menjelaskan, di tahun ini Pendapat Asli Daerah (PAD) Batam hanya 30 persen atau sekitar Rp 400 miliar. Dari nominal tersebut Pemko hanya menggunakan Rp 200 miliar.

“Untuk apa Rp 200 miliar ini, untuk penanganan covid-19. Kita butuh ada Rp 268 miliar, masih kurang Rp 68 miliar. Inilah yang kita usahakan,” imbuhnya.(bl)