Wali Kota Batam HM Rudi. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Wali Kota Batam HM Rudi berharap, wabah covid-19 yang bercokol di negeri ini, khususnya Batam cepat berakhir. Sehingga seluruh kegiatan di Kota Batam bisa beroperasi kembali. Dan pertumbuhan ekonomi bisa naik kembali.

“Akibat lockdown secara utuh ekonomi amblas. Khusus industri, tidak kita suruh berhenti. Saya tidak ingin ekonomi Batam lumpuh total,” kata Rudi saat kegiatan Musrenbang Tingkat Kota Batam, di Dataran Engku Putri, Batamcentre, Kamis (23/4).

Menurutnya, khusus industri, ia tidak akan menyetopnya beroperasi, karena ini akan menjadi masalah baru. Terutama kepada perusahaan yang ada hubungan kontrak dengan luar. Jika putus dua minggu, maka putus kontrak selamanya. Selain itu perusahaan yang bersangkutan pasti akan didenda, dan akibatnya putus kontrak.

“Jadi pak Gubernur (Isdianto) saya titip dan laporkan khusus, mudah-mudahan ini bisa ditinjau kembali. Termasuk di Muka Kuning semua, termasuk pelabuhan pengangkatan barang. Kalau ini dikarantina, seluruh kebutuhan Batam akan naik dengan sendirinya,” ucapnya.

Kenapa naik? Karena semua berlabuh di Batam, harus bayar semua selama 14 hari. Ini kata Rudi akan menjadi masalah. Menurutnya, hal ini harus menjadikan pertimbangan.

“Jika bayar carge pengangkutan barang semua selama 14 hari dikarantina, hitung saja. Ini akan jadi masalah, supaya dipertimbangkan kembali. Ekonomi Batam karena covid turun drastis,” imbuhnya.(bl)