Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, H Isdianto. Foto: Batamlagi.com

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, H Isdianto terus mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai sebaran Covid-19. Yakni tetap disiplin menjaga jarak, jangan keluar rumah jika tidak perlu, kenakan masker jika memang mendesak untuk keluar serta jaga kesehatan dengan hidup sehat dan berolahraga. Juga mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Ditegaskan, terkait penggunaan masker, Instruksi Gubernur tentang Kewajiban Penggunaan Masker dan Penyediaan Sarana Cuci Tangan/Hand Sanitizer di Fasilitas Umum mulai berlaku hari ini, Sabtu (18/4).

Karena itu, ia mengingatkan kepada masyarakat yang keluar rumah untuk selalu menggunakan masker. Dalam instruksi itu pun ada poin agar TNI Polri dan Satpol PP melakukan pengawasan dan memberi sanksi menutup fasilitas umum.

Sanksi diberikan jika pengelola fasilitas umum pedagang atau penjual/pramuniaga melayani pembeli atau penumpang yang tidak menggunakan masker. Juga agar pengelola fasilitas umum (Fasum) berkewajiban untuk menyediakan sarana cuci tangan menyediakan sabun dengan air mengalir dan atau hand sanitizer.

“Kewajiban menggunakan masker dan penyediaan sarana mencuci tangan dan atau hand sanitizer efektif berlaku hari ini sampai dengan batas waktu yang ditentukan kemudian,” kata Isdianto.(bl)