Plt Gubernur/ Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, H Isdianto. Foto: Batamlagi.com

KEPRI (BATAMLAGI.COM) – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, H Isdianto mengatakan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam mulai mengoperasikan polymerase chain reaction (PCR).

“Kita berharap pemeriksaan bisa lebih banyak lagi terhadap pasien yang terdampak Covid-19. Semoga hasilnya memudahkan kita menangkal dan mencegah sebaran semakin luas,” kata Isdianto di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (13/4).

Senin siang ini, ia mendapat laporan pemeriksaan awal PCR. Ada 24 sample yang sudah dilakukan pemeriksaan. Hasilnya 16 sample negatif.

“Ada delapan sample yang positif,” kata Isdianto.

Dari delapan sampel positif itu, empat merupakan kasus baru. Empat pasien itu dua di Tanjungpinang, dua di Batam. Jadi di Kepri, jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 27 orang. Sedangkan 4 lagi merupakan pasien lama. Hasil swab tesnya masih positif.

Isdianto belum mendapat laporan sebaran pasien yang positif ini. Termasuk cluster sebarannya dari mana. Ia berharap tak ada lagi cluster baru daerah terdampak Covid-19.

Metode PCR ini sering disebut sebagai swab test. Sample dari cairan pernafas bawah diambil untuk pemeriksaan. Kemudian diekstrak asam nukleatnya. Di asam nukleat inilah terkandung gwnom virus yang menentukan apakah ada infeksi atau tidak.(bl)