Kadinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi (kedua dari kanan) saat menggelar konferensi pers terkait penyebaran covid-19 belum lama ini. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam merilis update penyebaran Covid-19 di Batam, Minggu (5/4). Para Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan yang positif tersebar di sejumlah kecamatan di Batam.

“Silahkan cek linknya di website, lawancorona.batam.go.id, update,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Minggu.

Untuk diketahui, pasien positif Covid-19 berjumlah 5 orang, meninggal 3, ODP 1.282. Dalam Pemantauan 715, Selesai Pemantauan 567.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 66, Pasien Dirawat 10, Selesai Pengawasan 56. Pemeriksaan Lab, Jumlah Diperiksa 52, Dalam proses Lab 17, Negatif 30, Positif 5.

Dari data di 9 kecamatan di hinterland, yakni; Kecamatan Sekupang ada 3 orang PDP. Kecamatan Lubukbaja 1 orang positif, 11 orang PDP. Kecamatan Batuampar 4 orang PDP, Kecamatan Bengkong 5 orang PDP, Kecamatan Batamkota 2 orang positif, 10 orang PDP.

Sementara peta luasan di Kelurahan Teluk Tering menjadi atensi karena masuk dalam arsiran pemetaan sebaran PDP dan positif covid-19 kategori penduduk luar Batam.

Kecamatan Seibeduk ada 4 orang PDP, di peta sebaran terlihat hijau. Kecamatan Nongsa ada 5 PDP di peta sebaran terlihat hijau. Kecamatan Batuaji ada 6 PDP, 1 positif dari penduduk luar Batam, 3 orang PDP penduduk luar Batam.

Kecamatan Sagulung ada 14 PDP dan 1 orang positif. Tapi peta penyebarannya paling luas di Kelurahan Tembesi kategori penduduk luar Batam.

Sedangkan Update data terkini situasi corona tanggal 6 April, jumlah ODP 1.284 dengan rincian Dalam Pemantauan 691 dan Selesai Pemantauan 593; jumlah PDP 71 orang dengan rincian pasien dirawat 10 dan Selesai Pengawasan 61, Jumlah diperiksa 52, dalam proses lab 17, negatif 30, 5 positif.

Sedangkan rumah sakit yang melayani pasien covid-19 di Batam di antaranya, RSUD Embung Fatimah di Batuaji, RSBP Batam di Sekupang, RS Awal Bros di Baloi, RS Elisabeth, Batamkota, RS Harapan Bunda di Seraya, RS Camatha Sahidya di Mukakuning, RS Budi Kemuliaan di Seraya, RS Mutiara Aini di Batuaji.(bl)