Kantor Kemenag Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Untuk Anda yang berencana menikah saat ini, sebaiknya ditunda dahulu hingga pandemi virus corona (Covid-19) benar-benar berakhir. Akibat virus mematikan yang merebak itu, Kementerian Agama RI menunda pernikahan baru.

“Terhitung 2 April 2020, bagi pasangan yang ingin mendaftarkan untuk menikah di KUA, maka jadwal pernikahan akan ditunda,” ujar Muhammad Dirham, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Batam, kepada wartawan, Minggu (5/4).

Muhammad Dirham, mengatakan, di tengah pandemi covid-19 yang mewabah, pihaknya mengeluarkan ketentuan baru untuk menikahkan calon pengantin. Hal itu tertuang dalam surat edaran Nomor: P-003/DJ.111/ Hk.OO.7/04/ 2020, yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, tentang pelaksanaan protokol penanganan covid-19 pada area publik di lingkungan Direktorat Jenderal Bimbingan masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dijelaskan, dalam edaran tersebut ada beberapa hal yang diatur. Seperti melarang pelaksanaan nikah di rumah calon pengantin.

“Nikah pelaksanaannya harus di KUA. Orang bisa kita kontrol dan tidak mengundang keramaian,” kata Dirham.

Sedangkan pelaksanaan akad nikah, pihaknya hanya melayani calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum tanggal 1 April 2020.

“Jika dia mendaftar tanggal 2 maka pelaksanaannya akan ditunda,” jelasnya.

Saat akad nikah di KUA itupun ada syaratnya. Seperti tak boleh ramai-ramai. Yang boleh hadir hanya calon pengantin (catin) pria, catin wanita, orang tua catin pria dan wanita, saksi nikah 2 orang, kameraman 1 orang.

Dijelaskan juga, penundaan pelaksanaan nikah, nanti akan disesuaikan dengan kondisi darurat yang saat ini tengah terjadi.

“Kita menunggu arahan dari pusat, apakah pelaksaan nikah bisa dilaksanakan seperti biasa,” pungkasnya.(bl)