Walikota Batam, M Rudi saat konferensi pers menjelaskan terkait pasien positif corona. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kabar gembira. Saat ini dilaporkan, jika kondisi satu orang pasien positif virus corona (Covid-19) atau pasien 02 yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam saat terus membaik.

“Kondisi kian membaik karena tidak ada penyakit penyerta lainnya. Malah sekiranya seminggu ini sudah semakin baik. Kemungkinan akan dipindahkan ke ruangan biasa bukan isolasi lagi,” ujar Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Senin (29/3).

Dikatakan Didi, memang kalau dilihat dari hasil rapid test masih positif, sehingga pasien masih harus dirawat intensif. Namun, petugas medis terus melakukan pemantauan perkembangan pasien tersebut.

“Hasil follow up terakhir masih positif. Kalau terus membaik semoga bisa sembuh. Tapi kita tetap melakukan SWAB ulang melihat kondisi paru-parunya benar-benar bersih dari virus ini,” terangnya.

Didi menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah pasien 02 ini bisa dipulangkan. Karena pihaknya ingin betul-betul melakukan pemeriksaan ulang agar pasien ini bisa sembuh dari Covid-19.

“Sembuhnya tidak ada batasnya bisa jadi tiga minggu baru dinyatakan sembuh atau lebih. Karena dia (Pasien 02) ini harus diinkubasi selama 14 hari dan dipantau terus,” beber Didi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Batam HM Rudi saat konferensi pers terkait pasien positif corona itu mengatakan, pasien 02 adalah seorang pria berusia 32 tahun dan bukan warga Batam. Dan dinyatakan positif virus Corona pada Jumat (20/3).

“Kita ingin menyampaikan seseorang datang ke kota Batam yang sekarang dirawat di rumah sakit Otorita Batam atau Rumah Sakit BP Batam,” ujar Rudi.

Dikatakan Rudi, merupakan pendatang atau tamu yang terkena Covid 19 saat melakukan transit dari luar negeri ke kota Batam. Memiliki riwayat perjalanan dari daerah asalnya ke Malaysia, selanjutnya berangkat lalu menuju kota Paris, Prancis.(bl)