Ilustrasi pasien virus corona dibawa ambulance. Foto: Ist

PINANG (BATAMLAGI.COM) – Pihak Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mengupdate satu pasien positif virus Corona (Covid 19), Sabtu (28/3). Sebelumnya seorang warga Tanjungpinang juga positif terjangkit virus Corona.

Kepala Dinas kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, kepada wartawan mengatakan, pada Jumat tanggal 27 Maret 2020 pukul 12.30 WIB, ada 1 warga Tanjungpinang positif Corona yang dirawat di RSUD Raja Ahmad Tabib.

Seorang terkonfirmasi positif Corona itu berinisial Nz, laki-laki berusia 56 tahun. Sebelumnya, Nz berangkat ke Malaysia bersama rombongan sebanyak 10 orang pada Minggu, (1/3), melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang ke Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia, dalam rangka mengikuti Tablikh Akbar.

Rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura pada tanggal 13 Maret 2020 dan langsung menuju ke Masjid Baiturrahman. Dan menginap di sana selama 1 hari. Kemudian melanjutkan ke Masjid Almarhamah selama 3 hari. Lalu kembali lagi ke Masjid Baiturrahman pada tanggal 17 Maret 2020.

Pada Selasa (17/3) Nz mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot dan badan terasa sakit serta hidungnya mimisan.

Pada Rabu (18/3) yang bersangkutan berobat ke Dokter Praktik Mandiri (dr An), setelah itu pulang dan istirahat di Masjid Baiturrahman, namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan.

Nz mengalami penurunan kesehatan dan akan dirujuk ke RSUD RAT, namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT pada hari itu.

Pada Kamis (19/3) pukul 21.00 WIB, Nz dirujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinas Kesehatan, PP dan KB Kota Tanjungpinang.

Hari Jumat (20/3) pengambilan SWAB dan darah untuk dilakukan pemeriksaan Covid-19 oleh Tim BTKL Batam dan petugas Dinas Kesehatan PP dan KB Tanjungpinang di RSUD RAT.

Hari Jumat (27/3) diterima hasil pemeriksaan sampel SWAB atas nama Nz dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif.

“Kontak tracking terhadap semua orang yang ditengarai telah kontak dengan Nz telah dilakukan termasuk seluruh keluarga dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel,” pungkasnya.(bl)