Kadinkes Kabupaten Karimun, Rachmadi. Foto: Ist

KARIMUN (BATAMLAGI.COM) – Satu pasien positif virus Corona atau Covid-19 yang hingga kini diisolasi di RSUD M Sani Kabupaten Karimun, kondisinya mulai membaik. Hal ini setelah menjalani dua kali tes yang menunjukkan hasil negatif.

“Kondisinya terus mengalami peningkatan yang membaik, dalam keadaan sehat,” ucap Rachmadi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Karimun, yang juga merupakan jubir tim percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun kepada wartawan, Jumat (27/3).

Dikatakannya, pihaknya sudah lakukan dua kali tes dengan Metode PCR. Dan dua kali tes itu sudah keluar hasilnya negatif. Namun untuk memastikan secara akurat, pasien harus menjalani dua kali tes lagi.

“Jika juga dinyatakan negatif, artinya pasien sudah bisa dinyatakan sembuh atau bebas dari Virus Corona,” paparnya.

Juga dijelaskan Rachmadi, hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan dua kali tes dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan mengambil sampel Swab tenggorokan dan lendir serta darah pasien tersebut. Pengambilan sampel dilakukan setiap dua hari sekali.

“Pasien harus menjalani dua kali tes lagi, jika juga dinyatakan negatif, artinya pasien sudah bisa dinyatakan sembuh atau bebas dari Virus Corona,” tegasnya.

Sementara, hingga Jumat sekitar pukul 12.00 WIB, sebanyak 479 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang terdata, 51 orang dinyatakan selesai pemantauan. Kini sisanya 428 orang masih dalam proses pemantauan.(bl)