Rumah sakit khusus virus corona di Kecamatan Galang, Kota Batam. Foto: ist

BATAM (BATAMLAGI.C0M) – Pembangunan Rumah Sakit khusus virus corona (Covid-19) sudah mencapai 78 persen. Diperkirakan Sabtu (28/3, pembangunan rumah sakit tersebut sudah rampung.  Dua hari kemudian, Senin (30/3) akan dioperasikan.

“Pembangunannya terus berlangsung, dan kita rencanakan akan mulai beroperasi pada Senin,” ujar Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto saat berkunjung dengan Kapolri Jenderal Idham Aziz di lokasi, Rabu (25/3).

Dijelaskan, bahwa pembangunan rumah sakit tersebut sudah rampung dalam waktu 3 hari kedepan. Meski demikian, pihaknya harus melatih tim medis untuk dapat mengoperasikan seluruh peralatan yang ada dirumah sakit tersebut.

Hadi juga menjelaskan, rumah sakit tersebut dilengkapi dengan ruangan isolasi ICU. Ruangan tersebut kata dia dilengkapi dengan tekanan negatif, AC standar, oksigen dan kamar mandi dalam. Mempunyai 340 ruang observasi dengan 2 lantai. Ada ruang pendukung untuk tenaga medis, gizi dan laundry.

Dia pun menjelaskan bahwa, peralatan medis akan masuk ke rumah sakit tersebut menggunakan pesawat Hercules milik TNI yang akan diterbangkan dari Jakarta.

“Setelah peralatan tiba, kita butuh waktu untuk melatih tenaga medis agar bisa mengoperasikan peralatan yang tersedia,” ucapnya.(bl)