Para TKI sesampai di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center disemprot disinfektan, Selasa (24/3) siang. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Sebanyak 81 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Johor, Malaysia tiba di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, pada Selasa (24/3) siang. Mereka datang secara bertahap.

Pantauan di lapangan, puluhan TKI itu ditangani khusus. Terlihat sejumlah petugas karantina mengecek suhu badan para TKI yang dipisahkan dari penumpang umum.

Saat turun dari kapal seluruh badan TKI disemprot cairan disinfektan. Selanjutnya dikumpulkan di satu ruangan dan dinaikan ke bus. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Tanjungpinang. Ada 3 bus disiapkan oleh pihak Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam, Romi Yudianto mengatakan, penyemprotan dan pengecekan suhu para TKI-B tersebut merupakan sebuah protap yang harus dilakukan oleh petugas dan dinyatakan sehat dan steril.

“Pemulangan ini sendiri, berkaitan dengan masalah yang didapat oleh para TKI, utamanya terkait dengan masa ijin tinggal mereka yang sudah berakhir,” ucapnya.(bl)