Kawanan pencuri yang dibekuk jajaran Polresta Barelang. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLALGI.COM) – Tujuh orang pembobol ruko di dekat Hotel Baloi Garden, Lubukbaja, Batam berhasil dibekuk polisi. Saat beraksi pada 5 Maret 2020 mereka naik mobil Toyota Kijang Innova. Kawanan pencuri ini berhasil menggondol uang Rp 400 juta.

“Yang digasak uang Rp 200 juta dan dua ribu dolar Singapura. Ditotalkan hampir Rp 400 juta, yang dilaporkan korban,” ujar Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Andri Kurniawan saat ekspos di Mapolres Barelang, Jumat (13/3).

Dikatakan Andri, dalam melancarkan aksinya, para pelaku mengendarai mobil Toyota Innova dengan plat palsu. Pembobolan terjadi, Kamis (5/3) dini hari pada saat masyarakat tidak beraktivitas. Sehingga, aksi pelaku berjalan lancar.

Untuk memperlancar aksinya, para pelaku naik mobil dengan mengubah plat palsu. Lalu beraksi sekitar pukul 04.30 WIB.

Usai menerima laporan dari korban, tim Polresta Barelang langsung bergerak mengejar para pelaku. Tidak butuh lama para pelaku diringkus di berbagai tempat dalam waktu 24 jam. Dan mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku yakni, uang, plat palsu, linggis, gunting, handphone dan anting-anting dari hasil pembelian dari hasil kejahatan.

“Alhamdulillah, dalam waktu singkat kita ringkus dengan cepat dibekuk di berbagai tempat di Batam,” ujarnya.

Kata Andri lagi, para pelaku ini adalah residivis kasus yang sama. Mereka pernah membobol ruko di Seipanas beberapa waktu lalu dan membobol brangkas di ruko Seipanas.

Ketujuh pelaku itu berinisial HH, DR, RV, YU, MS, YS dan Y yang dijerat pasal 363 dengan ancaman kurungan 10 tahun penjara. Sementara, otak pembobolan berinisial U masih dalam pengejaran.

Dari hasil kejahatannya itu, pelaku membagi Rp 35 juta plus dolar Singapura tiap orang. “Pembagian ini sudah disepakati bersama oleh otak pelaku berinisial U yang masih berstatus DPO,” paparnya.(bl)