Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono saat mengekspos kasus illegal logging, Selasa (10/3).Foto: Batamlagi.com

BINTAN (BATAMLAGI.COM) – Lima orang pelaku kasus tindak pidana illegal loging dibekuk jajaran Polres Bintan di Jalan Flamboyan Desa Sebong Pereh Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Para pelaku berinisial FR, JU, JO, AN dan HE.

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono, Selasa (10/3) saat ekspos perkara tersebut di Polres Bintan, mengatakan, para pelaku ditangkap saat menebang pohon di dalam hutan.

Informasi adanya pembalakan liar itu atas laporan masyarakat yang resah dengan aksi para pelaku. Saat diselidiki, ternyata benar, telah terjadi penebangan pohon. Para pelaku pun dibekuk. Mereka mengaku hasil penebangan pohon tersebut, digunakan untuk kepentingan pribadi.

Selanjutnya kelima pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polres Bintan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kelima pelaku memiliki peran masing-masing dalam menjalankan aksinya, pelaku inisial FR, JU, JO dan AN, berperan sebagai penebang pohon dan memuat ke mobil. Sedangkan HE, berperan sebagai sopir lori yang mengangkut potongan pohon untuk dijual kepada pembeli di Tanjungpinang maupun di Bintan.

Polisi mengamankan barang bukti 1 mobil light truck merek Daihatsu Delta BP 8058 TU warna merah, 50 (lima puluh) batang kayu bulat berbagai jenis, 4 bilah parang dengan gagang kayu dan dibalut dengan karet ban, 1 mesin senso/mesin pemotong kayu ( Dalam daftar pencarian barang).(bl)