Jeki, pelaku pencurian dan penodongan diamankan polisi, Senin (9/3) siang. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jeki, pria pengangguran ini nekat berbuat kriminal di siang bolong. Karena aksinya ketahuan saat mencuri handphone, ia nekat menodong wanita pengendara motor di lampu merah atau traffic light di Simpang Gelael, Seipanas, Senin (9/3) siang. Meski kabur, pria berperawakan sedang itu berhasil dibekuk.

Informasi yang dihimpun di lapangan, peristiwa itu terjadi saat Jeki kepergok mencuri handphone milik seorang kasir wanita di salah satu ruko, tak jauh dari Kentucky Fried Chicken (KFC) Gelael, simpang Rosedale, Kecamatan Batamkota.

Saat kepergok, pelaku langsung lari sambil meletakkan handphone curiannya. Mengetahui hal tersebut, sekuriti dan warga beramai-ramai langsung mengejarnya.

“Sekuriti dan warga langsung kejar pelaku ke arah traffic light di depan Gelael,” kata warga.

Saat terdesak karena dikejar massa, pelaku langsung menodongkan pisau sepanjang sekitar 30 centimeter ke leher seorang pengendara sambil naik ke boncengan motor pengendara itu.

Karena jiwanya terancam, pengendara wanita itu hanya bisa pasrah saat diminta pelaku untuk tancap gas ke arah simpang Ocarina, Batamcentre. Warga dan pengendara lain ikut mengejar sambil berteriak. Pengejaran pun berhasil.

Sejumlah warga di sekitar simpang tersebut yang mendengar teriakan warga berhasil menghentikan pelaku bersama pengendara yang disanderanya. Pelaku pun babakbelur dihajar warga. Sedangkan pemotor itu selamat.

Usai dihajar. Pelaku diserahkan ke Mapolsek Batamkota. Saat diamankan, kondisi Jeki babakbelur. Bagian kepalanya penuh darah. Kondisinya lemas. Jeki pun dilarikan ke RS Bhayangkara di Batubesar. Di rumah sakit Jeki akui perbuatannya.

Sambil meringis menahan sakit, Jeki bercerita awalnya ia membeli kopi. Saat memesan kopi, ia melihat handphone di atas meja.

“Di meja ada lihat HP, ada kesempatan saya ambil (HP),” aku Jeki kepada polisi di IGD RS Bhayangkara. Karena ketahuan pemiliknya, ia nekat mengambil pisau tak jauh dari meja itu.

“Pisaunya saya todongkan ke pemotor, lalu saya minta tolong untuk diantarkan ke Simpang Gelael,” sambungnya.

Kanit Reskrim Polsek Batam Kota Iptu Eka Putra membenarkan kejadian tersebut. “Pelaku sudah diamankan,” ujar Iptu Eka Putra menjawab wartawan.(bl)