Kabid Lalulintas Dishub Kota Batam, Edward. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Adanya program gratis pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dishub Kota Batam, Edward. Ia mengatakan, program ini dikhususkan untuk milenial di Batam yakni pelajar setingkat SMA dan mahasiswa.

“Seribu untuk SIM A dan seribu lagi untuk SIM C. Tapi ingat ya, khusus untuk milenial yang belum pernah punya SIM bukan perpanjangan,” kata Edward kepada wartawan, Jumat (21/2).

Dikatakannya, ribuan SIM gratis itu sudah dianggarkan di APBD Tahun 2020. “Nilainya sebanyak Rp 368 juta. Maret ini kita selenggarakan,” kata Edward. Harga SIM sesuai dengan PNBP Polri ditambah biaya kesehatan.

Ia juga menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada pihak Polresta Barelang terkait pemberitahuan program pemerintah tersebut.

“Program seperti ini juga sudah pernah dibuat sebelumnya. Jadi kita minta petunjuk bagaimana pelaksanaan secara teknis,” ujarnya.

Edward juga mengaku, sebelumnya sudah menyampaikan program ini secara lisan kepada Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol Muchlis Nadzar.

“Jawaban Kasat Lantas saat itu silahkan bikin sesuai mekanisme yang ada. Kami kan butuh waktu juga untuk mengumpulkan data. Baru hari ini
kami bersurat secara resmi kepada Satlantas Polresta Barelang,” ulasnya.

Ia menambahkan, terkait syarat bagi calon penerima SIM gratis harus berdasarkan ketentuan.

“Kalau sekolah kita tunjuklah Kepseknya. Kalau mahasiswa kita serahkan ke pihak rektorat dan yayasan,” paparnya. Tapi, pengurusan SIM gratis ini harus sesuai prosedur yaitu mengikuti tes teori dan praktek. “Kalau nggak lulus, ulang lagi sampai lulus,” imbuhnya.(bl)