Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka Polda) Kepri, Brigadir Jenderal Yan Fitri, saat ekspos pemusnahan narkoba di Mapolda Kepri, Selasa (11/2). Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Berbagai jenis narkoba yang diamankan dari 17 tersangka kasus narkotika dimusnahkan di Mapolda Kepri, Selasa (11/2). Dua di antaranya warga Malaysia yang membawa ribuan gram narkoba.

“Dua WN Malaysia ini sengaja membawa barang haram sebanyak 928 gram sabu dan 952 butir ekstasi ke Batam. Kenapa nggak dijual di negaranya aja. Mereka sengaja menghancurkan negara kita,” ujar Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka Polda) Kepri, Brigadir Jenderal Yan Fitri, saat ekspos pemusnahan narkoba, Selasa.

Yan Fitri menyebut, inilah musuh-musuh bangsa yang sebenarnya. Sebab para pelaku tak memiliki rasa sayang dan peduli dengan kelanjutan negara ini ke depannya.

“Dari laporan polisi hingga penangkapan, kita tidak berhenti di sini saja. Berikut tindakan yang tak mungkin kita tolerir, pelaku bisa menjadi korban penegakan hukum,” tambah dia.

Dikatakan Yan Fitri, bayangkan misalnya 10 narkoba yang keluar, 1 yang ketangkap masih untung para pelakunya. Barang bukti yang berhasil disita dari 7 (tujuh) laporan polisi sebanyak 25.433 gram sabu, 30.989 butir ekstasi dan 5.827,42 gram ganja.

Untuk sabu yang dimusnahkan sebanyak 24.966,9 gram sabu sedangkan sisanya seberat 218,6 gram sabu untuk dikirim ke Labfor cabang Medan dan 247,5 gram sabu untuk pembuktian di persidangan.

Sedangkan, ekstasi yang dimusnahkan sebanyak 30.780 butir esktasi dan sisanya sebanyak 205 butir dikirim ke Labfor Cabang Medan dan 4 (empat) butir ekstasi untuk pembuktian di persidangan.

Sementara ganja, sebanyak 5.155,42 gram, sedangkan sisanya 52 gram ganja dikirim ke Labfor Cabang Medan dan 620 gram ganja untuk pembuktian di persidangan.

“Jika 1 gram sabu diasumsikan dapat digunakan oleh 5 orang pengguna, sehingga jumlah orang yang dapat diselamatkan adalah 127.165 orang /jiwa. 1 gram ganja diasumsikan dapat digunakan oleh 5 orang pengguna, sehingga jumlah orang yang dapat diselamatkan adalah 29.137 orang atau jiwa,” kata Yan Fitri.

Begitu juga dengan 1 butir ekstasi diasumsikan dapat digunakan oleh 2 orang pengguna, sehingga jumlah orang yang dapat diselamatkan adalah 61.978 orang/ jiwa.

Pada kesempatan itu, Yan Fitri meminta kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) agar para pelaku dituntut hukuman tinggi.

“Pak jaksa tuntut yang tinggi. Hukuman mati,” tegas Yan Fitri.(bl)