Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto (kanan) menerima piagam penghargaan di Hari Bersepeda, Senin (20/1). Foto: Ist.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Ribuan pesepeda ikut gowes di Hari Bersepeda di Kepri, Senin (20/1). Kegiatan ini diikuti jajaran TNI/Polri, Pemko Batam, BP Batam dan masyarakat.

Para pesepeda mulai gowes dari Dataran Engku Putri, Batam Centre mulai pukul 06.30 WIB. Rute yang dilewati start (mulai) dari pintu selatan Engku Puteri – Masjid Agung – simpang Frengky – Simpang Kabil Kepri Mall – Dermaga Sukajadi – flyover Laluan Madani – Polsek Lubukbaja.

Kemudian dilanjutkan rute dari BCS menuju ke Grand Mall – Simpang Martabak Har – Simpang Telkom – Jalan Raden Patah – Simpang Indomobil – Edukits – Bundaran Madani – Simpang Ikan Daun dan finish (selesai) di pintu barat Engku Putri.

Wali Kota Ex-officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, HM Rudi mengatakan, agenda ini tidak hanya diselenggarakan di Kota Batam tapi dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/ kota Kepulauan Riau (Kepri).

“Ide ini dicetuskan pak Kapolda, Wakapolda dan Danrem. Di Kepri dipusatkan di Batam. Kenapa dipilih tanggal 20 Januari 2020, tanggal 20 mudah diingat saja,” katanya.

Dijelaskannya, agenda ini akan dilaksanakan tiap bulan. Olahraga ini kata Rudi, merupakan olahraga terjangkau, sehat dan murah.

“Olahraga ini secara kesehatan bagus, kata dokter membantu peredaran darah dan membantu konsentrasi. Sehingga, otak kita semua bergerak,” ulasnya.

Rudi juga mengatakan 5 tahun ke depan, jalan utama selesai semua. Di mana setiap jalan lima lajur nantinya ada khusus lajur bersepeda. Dan tidak mengganggu pengguna jalan.

“Kegiatan ini menyatukan visi misi kita untuk membangun Batam. Saling bersilaturahmi dengan SKPD lainnya,” tegasnya.

Plt Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto juga mengapresiasi semua pihak yang telah ikut dalam kegiatan Hari Bersepeda. Bersepeda, salah satu olahraga sehat yang dilakukan bersama dengan harapan bisa menambah semangat masyarakat.

Melihat dari antusias masyarakat yang ikut, artinya warga mampu bersepeda sehat. Isdianto menyebutkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali-kali. Ke depan bersepeda bisa dilaksanakan rutin di Batam.

“Saya harap kegiatan menambah semangat dalam bersepeda. Dengan membangun kebersamaan dan silaturahim. Karena bersepeda adalah olahraga yang bisa dilakukan bersama semua kalangan,” tutup Isdianto.

Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto menegaskan, pilihan tanggal 20 Januari 2020 mempunyai arti bahwa, semua pihak bersatu. Yakni bersatu untuk menjadi sehat dengan melaksanakan gowes 20 kilometer menuju tahun 2020 yang lebih baik lagi ke depan.

“Itulah makna 20-1-2020. Kita bersatu untuk sehat. Ketika sehat Insya Allah kita akan lebih produktif, akan fokus dan kosentrasi. Pada akhirnya kita sehat sehingga amanah tugas yang diberikan berjalan lancar,” tegasnya.

Andap mengingatkan, tanpa kesehatan semua tidak berarti. Makanya Hari Bersepeda dideklarasikan untuk kita semua untuk bersama-sama membangun Kepri.

“Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang sehat juga. Ini kita dedikasikan untuk Bunda Tanah Melayu Bumi Segantang Lada dan Kepri yang kita dicintai,” ucapnya.(bl)