Kalapas Kelas II A Barelang, Misbahuddin. Foto: Batamlagi.com.

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Misbahuddin resmi menjabat Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Barelang, Batam. Ia menggantikan Surianto yang kini pindah tugas sebagai Kalapas Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Misbahuddin menjelaskan, ia akan menjalankan program kepala Lapas sebelumnya sudah baik. Dan akan melanjutkan dan meningkatkan program yang sudah ada tersebut.

“Tapi, dalam kepemimpinan saya, program keamanan akan lebih ditingkatkan lagi,” tegasnya dalam acara sertijab, Rabu (15/1).

Dijelaskan juga, program keamanan yang sudah direncanakan adalah melakukan pemetaan di tempat atau lokasi yang dianggap rawan. Sistem keamanan di Lapas akan menggunakan aplikasi.

“Kita sudah memiliki aplikasi untuk kunjungan, hal ini juga membantu dalam hal keamanan,” ujar mantan Kepala Lapas Narkotika Tanjung Pinang ini.

Selain itu, pelayanan kepada masyarakat juga tetap diprioritas. Sehingga pengunjung Lapas bisa merasa aman dan nyaman saat membesuk.

“Itulah yang menjadi tugas kita, pengayom masyarakat,” tutupnya.

Program lain yang akan dilakukan adalah mengasah keterampilan dan  kemandirian para Napi. Nantinya, ada 650 napi yang akan mengikuti konstruksi bangunan dan akan segera di-launching.

“Jadi, di samping keamanan tadi, kita juga mengasah ketrampilan dan kemandirian para napi,” ucapnya.

Dalam acara sertijab itu, Surianto berpesan kepada Misbahuddin agar selalu optimis dalam menjalankan tugas karena dalam tugas selalu ada harapan. Dan harapan itu yang akan membuat selalu optimis.

“Saya tidak bisa berkomentar banyak karena beliau senior dari saya. Saya hanya ucapkan selamat bertugas,” imbuhnya.(bl)