Pihak kepolisian saat mendatangi PT Pacifik Granitama di Desa Pangke, Kecamatan Meral. Foto: Ist

KARIMUN (BATAMLAGI.COM) – Kecelakaan Kerja terjadi di PT Pacifik Granitama di Desa Pangke, Kecamatan Meral. Satu pekerja meninggal dunia atas nama Maryono (42). Musibah ini dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolsek Meral, AKP Doddy Santosa Putra SH, SIK yang dikonfirmasi wartawan, Sabtu sore mengatakan, peristiwa maut itu terjadi pada Sabtu (4/1/2020) sekitar pukul 08.20 WIB di Areal Primary II PT Pacific Granitama Desa Pangke Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

“Laka Kerja yang mengakibatkan korban meninggal dunia atas nama Maryono, 42 tahun agama Islam, Karyawan PT Pacific Granitama (Asisten Foreman Electrik), tercatat beralamat di Guntung Punak RT 001/ RW 003 Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun,” jelas Doddy.

Dijelaskan Doddy, kronologisnya, sekira pukul 08.20 WIB saksi Chairul (53) berada di control panel yang berada di bawah conveyor C4, saksi melihat korban mengecek RPM Motor Conveyor C4 Primary II.

Lalu, korban meminta saksi untuk menjalankan conveyor. Kemudian saksi berkoordinasi dengan operator primary II melalui radio untuk menjalankan conveyor C4.

Setelah berkoordinasi, saat itu saksi melihat korban berdiri tak seimbang seperti mau jatuh, sehingga saksi langsung mematikan breaker (pemutus arus listrik ke motor) dan meminta bantuan.

Poyo (42) saksi lainnya langsung naik ke atas conveyor untuk melihat kondisi korban. Ternyata korban sudah dalam posisi terjepit shaft pulley C4 pada bagian kaki kiri sampai bagian perut. Kemudian saksi pertama Chairul langsung memanggil foreman mobile equipment melalui radio untuk menghubungi safety officer minta pertolongan.

Sekitar 10 menit kemudian safety officer bersama paramedic tiba di lokasi dan melihat kondisi korban sudah tidak sadar. Setelah dilakukan pengecekan medis secara detail oleh paramedis dan perawat perusahaan, dipastikan korban sudah meninggal dunia.

Korban selanjutnya dibawa ke RS Bakti Timah. Disebutkan Doddy, untuk proses selanjutnya pihaknya melakukan Koordinasi dengan Satreskrim Polres Karimun untuk proses penyelidikan dan penyidikan.

Kasat Reskrim AKP Herie Pramono Sik yang dikonfirmasi membenarkan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya.

“Kita masih dalami, saat ini kita masih meminta keterangan penanggung jawab di lokasi kerja, dan sejumlah saksi lainya. Selain itu kita juga mintai keterangan keluarga korban,” tegas Herie.(bl)