Polisi Satuan Lalu Lintas saat memeriksa nafas seorang sopir. Foto: Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Jajaran Direktorat Lalulintas Polda Kepri mempunyai alat baru yang bisa mendeteksi kadar alkohol. Alat ini khusus untuk memeriksa nafas sopir dan pengendara lainnya.

“Alat baru itu bernama alcometer, untuk mengukur kadar alkohol pada sopir,” ujar Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kombes Mujiyono, saat kegiatan
bersama Satlantas Polresta Barelang melaksanakan pengukuran kadar alkohol yang ada dalam diri sopir di depan Haris Hotel, Kamis (19/12).

Dikatakannya, alat itu dari Korlantas Polri. Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru ini, semua membutuhkan angkutan, maka pihaknya punya kewajiban untuk mengingatkan kepada para sopir angkutan umum, truk, taksi dan lainnya, untuk tidak meminum alkohol. Karena jika minum alkohol dapat mengakibatkan mabuk dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Ditambahkan Mujiyono, cara kerja alat itu cukup simple, ditiupkan melalui nafas akan diketahui itu beralkohol atau tidak.

“Dari sample yang kita periksa dari sopir taksi, angkutan umum, trailer tidak ditemukan sopir yang minum-minuman alkohol,” ujarnya.(bl)