Petugas saat mengamankan barang bukti penimbunan solar ilegal di UPTD Metrologi di Legenda, Batamcentre, Rabu (11/12). Foto. Batamlagi.com

BATAM (BATAMLAGI.COM) – jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menggerebek lokasi penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di salah satu bengkel yang ada di Dapur 12, Sagulung, Rabu (11/12). Tiga ton solar disinyalir sengaja ditimbun di lokasi tersebut.

“Minyak ditimbun melalui mobil yang tankinya dimodifikasi. Bengkel dijadikan klamufase. Jadi 12 unit kendaraan Dapur 12 dimodifikasi tankinya,” ujar Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, usai penggerebekan.

Gudang tersebut diperkirakan bisa mengumpulkan 5 ton solar per hati. Gustian menyebut, Erwin pemiliknya dan Artur penjaga gudang saat ini diperiksa oleh penyidik PPNS terkait penimbunan BBM tersebut.

Lanjut Gustian, operasi kedua lanjut ke Sekupang. Ditemukan beberapa unit mobil yang tankinya sudah dimodifikasi.

“Satu unit mobil storm pemiliknya kabur karena bocornya informasi. Namun mobil tetap dibawa agar pemiliknya segera datang,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan mengejar SPBU tempat para pelangsir membeli solar. “Tidak mungkin SPBU tidak tahu dengan jumlah pengambilan. Pasti kerjasama dengan SPBU,” duganya.

Wakil Walikota Batam H Amsakar Achmad mengaku sangat kecewa dengan aksi penimbunan solar yang dilakukan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang merugikan masyarakat luas.

“Saya sangat kecewa karena tindakan yang dilakukan oknum ini sangat merugikan masyarakat. Inilah yang menjadi keluhan masyarakat sering kehilangan solar,” kata Amsakar saat melihat barang bukti di UPTD Metrologi di Legenda, Batamcentre, Rabu (11/12).

Amsakar meminta jajaran Disperindag segera melakukan investigasi melalui Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Dalam operasi ini pihaknya mengamankan 12 mobil pelangsir solar ilegal.

“Para pelaku-pelaku ini modusnya memodifikasi mobil tertentu. Dengan cara membeli di POM Bensin (SPBU). Kemudian dimasukkan ke suatu tempat. Ini yang harus dicari tahu BBM dijual kemana,” katanya lagi.(bl)