Bendera merah putih. Foto: Ist

BATAM (BATAMLAGI.COM) – Kelakuan tiga siswa SMP di bilangan Kecamatan Sagulung ini tak patut dicontoh. Pasalnya ketiganya enggan menghormat bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya.

Mirisnya, ketiganya sudah melakukan hal tersebut sejak sekolah di SMP itu hingga kelas 2.

“Ia, ada tiga orang siswa yang sekolah di salah satu SMP di Sagulung tak mau menghormat bendera dan bernyayi Indonesia Raya atapun lagu kebangsaan lainnya,” ungkap AKP Riyanto, Kapolsek Sagulung.

Informasi ini bermula di laporkan guru. Jajaran Polsek Sagulung yang mendapatkan informasi tersebut langsung menindaklanjuti. Lalu menanyakan kepada ketiga orang siswa itu, kenapa tidak mau menghormat bendera dan bernyanyi lagu wajib. Diperoleh keterangan karena tidak sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut.

“Apapun alasannya, semua warga negara Republik Indonesia harus menghormati bendera dan bernyanyi lagu wajib, sebab kita ini adalah NKRI,” tegas Kapolsek.

Karena tak mau mengikuti aturan, satu siswi terpaksa dikeluarkan dari sekolah. Sedangkan dua siswa dalam proses mediasi.

“(Satu) sudah dibuat surat pernyataan akan keluar dari sekolah itu. Orang tua siswa dan gurunya pun sudah sepakat,” tuturnya lagi.

Kapolsek juga mengimbau, kepada setiap guru untuk memperhatikan siswa  dan siswinya. Jika menemukan adanya hal seperti ini, segera melaporkan kepada pihak berwajib.

“Kita tidak mau siswa lainnya terpengaruh gara-gara ketiga siswa ini tak mau menghormat bendera dan menyanyikan lagu wajib,” pungkasnya.(bl)